Cara Mendapatkan Tidur Nyenyak dan Berkualitas

 Cara Mendapatkan Tidur Nyenyak dan Berkualitas

kitapastibisa.id – Cara Mendapatkan Tidur Nyenyak dan Berkualitas

Cara Mendapatkan Tidur Nyenyak dan Berkualitas – Bagi sebagian orang, mendapatkan tidur yang berkualitas bukanlah hal mudah. Terkadang sulit untuk bisa memenuhi waktu tidur disaat banyaknya kegiatan serta pekerjaan yang harus dilakukan setiap harinya. Padahal tidur merupakan hal penting bagi kesehatan fisik maupun mental seseorang. Sebab dengan kualitas tidur malam yang baik, tentunya akan membuat kita merasa segar dan bugar dalam menjalani aktifitas sehari-hari. Oleh karena itu, direkomendasikan waktu tidur yang baik adalah berkisar antara 7-8 jam sehari. Berikut beberapa tips yang dapat dicoba untuk membantu anda mendapatkan tidur nyenyak.

Baca Juga: Tips Untuk Move On

  1. Rutin Mengatur Waktu Tidur

Membuat jadwal tidur serta bangun tidur di waktu yang sama setiap hari. Akan membantu anda memperkuat siklus tidur dan bangun bagi tubuh Anda. Tidur pada jam yang sama secara rutin bermanfaat untuk membantu otak dan tubuh menciptakan alarm alami. Lakukan kebiasaan tidur teratur, bahkan saat akhir pekan akan membantu Anda mendapatkan tidur yang nyenyak.

  1. Batasi Tidur Siang

Tidur siang yang disarankan yaitu tidak lebih dari 20-30 menit dan tidak dilakukan di awal sore hari. Karena jika lebih dari itu tidur siang bisa mengganggu dan menjadi penyebab Anda sulit untuk tertidur di malam hari terutama jika Anda memiliki kualitas tidur yang buruk. Untuk menghindari tidur siang, Anda dapat mengalihkan perhatian pada hal-hal lain, misalnya berolahraga ringan, menonton atau mengobrol.

  1. Kurangi Penggunaan Gadget Sebelum Tidur

Kita mungkin memiliki tanggung jawab yang harus diselesaikan tapi jangan sampai kegiatan itu menggangu aktifias tidur malam kita. Mengurangi pemakaian teknologi beberapa saat sebelum tidur  berjalan dapat menjadi solusinya. Dengan sebusa mungkin menjauhkan barang-barang yang bisa mengganggu ketenangan tidur kita seperti televisi, video games, handphone, dan komputer.

  1. Mengatur waktu makan

Makan makanan berat di malam hari akan memberikan pasokan energi dan membuat sistem pencernaan bekerja lebih keras, sehingga membuat kita menjadi sulit mendapatkan tidur yang nyenyak. Beri jarak yang cukup antara waktu makan malam dan waktu tidur Anda, paling lambat satu jam sebelum tidur. Jika merasa lapar pada malam hari, siasati dengan mengonsumsi makanan ringan, seperti buah atau susu. Satu hal lagi kika ingin mendapatkan tidur berkualitas, kurangi mengonsumsi makanan dan minuman yang membuat kita terjaga dengan menghindari kafein di malam hari.

  1. Buatlah ruangan tidur senyaman mungkin

Melakukan relaksasi bisa dengan cara sederhana seperti mendengarkan musik dan melatih pernafasan, dan meditasi dapat membuat tubuh menjadi lebih santai dan membuat kita lebih mudah untuk tertidur lelap. Selain itu, Tidur dalam keadaan ruangan yang gelap juga dapat membantu kita mendapatkan tidur yang lebih nyenyak, sebab kegelapan membantu tubuh kita merasa lebih rileks dan kurang waspada. Dan jangan lupa untuk memastikan kita nyaman dengan suhu ruangan.

Baca Juga  Mengebut, Debut Micah di Putaran Satu Kejurnas Gokart

Ingatlah bahwa tubuh kita memerlukan istirahat agar kita bisa tetap fit untuk bisa tetap produktif setiap harinya, oleh karena itu upayakanlah untuk selalu mendapatkan waktu tidur yang maksimal. Selamat tidur nyenyak dan mimpi indah!

Artikel Terkait

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *