Cara Download Aplikasi Di Laptop Windows 7,8,10 (100% Aman)

Download Aplikasi Di Laptop untuk Android dan iOS melalui Play Store atau App Store sangatlah mudah. Cukup klik unduh untuk menginstal. Kini aplikasi ini bisa dinikmati tidak hanya di ponsel tapi juga di laptop. Ketika Anda menggunakan aplikasi di laptop Anda, Anda sebenarnya memiliki pengalaman yang berbeda.

Cara Download Aplikasi di Laptop / PC

Jika Anda menggunakan aplikasi WhatsApp di laptop atau ponsel Anda, tentu pengalaman dan tampilannya akan berbeda. Saat Anda menggunakan aplikasi web WhatsApp di laptop Anda, salah satunya memungkinkan Anda untuk masuk ke obrolan di keyboard lebar Anda, sehingga tidak melukai tangan Anda.

Menariknya, saat ini sudah banyak aplikasi Android atau iOS yang juga bisa digunakan di laptop. Lalu bagaimana Cara Download Aplikasi Di Laptop atau PC? Simak petunjuknya di bawah ini!

1. Cara Download Aplikasi dengan APK Downloader

Cara Download Aplikasi

Google PlayStore ini menyediakan jutaan aplikasi yang memfasilitasi semua aktivitas Anda. Jika Anda pengguna ponsel Android, Anda pasti sudah sangat familiar dengan Google PlayStore.  Nah, pertanyaannya adalah bagaimana jika Anda ingin menginstal aplikasi Google Play Store di laptop Anda.

Sederhana! Ini adalah cara download aplikasi di laptop Windows 10 atau versi lainnya menggunakan APK Downloader. Kami akan menggunakan layanan pihak ketiga, pengunduh APK. Pengunduh APK ini mengonversi file Google Play Store ke format APK. Metode? itu mudah. Ikuti saja langkah-langkah di bawah ini.

  1. Buka Google Play Store dengan URL play.google.com/store.
  2. Pilih Aplikasi yang ingin Anda download ke laptop.
  3. Salin URL link-nya.
  4. Buka situs APK Pure
  5. Paste alamat URL link dari Aplikasi yang ingin di-download pada kolom pencarian.
  6. Unduh APK.
  7. Berhasil! Aplikasi yang Anda inginkan sudah terunduh di laptop.

Mudah bukan? Ada banyak situs pengunduh APK yang bisa Anda coba. Cukup masukkan kata kunci APK Downloader ke mesin pencari Anda.

2. Cara Download Aplikasi Dengan Evozi APK Downloader

Selain APK Pure, terdapat situs web lain yaitu Evozi yang dapat Anda gunakan untuk mengunduh file Play Store. Download aplikasinya di sini juga mudah dan Anda tidak perlu aplikasi tambahan untuk mengaksesnya.

Cara download aplikasi ke laptop ASUS atau merk lain berbeda dengan cara pertama di atas. Metodenya adalah sebagai berikut.

  1. Kunjungi situs Evozi APK Downloader.
  2. Klik Visit Play Store.
  3. Pada halaman Play Store, cari Aplikasi yang diinginkan.
  4. Paste link Aplikasi tersebut dan copy ke dalam kotak Package Name or Google Play URL.
  5. Klik Generate Download Link.
  6. Muncul informasi mengenai ukuran dan berbagai informasi tentang Aplikasi lainnya.
  7. Klik Click here to download dan Aplikasi akan secara otomatis terunduh.

3. Cara Download Aplikasi Dengan APK DL Downloader

APK DL adalah situs web untuk mengunduh file aplikasi di Play Store. Fungsi dan caranya tidak jauh berbeda dengan Evozi atau APKPure. Anda dapat mengakses halaman ini di laptop Anda menggunakan browser apa pun. Untuk mengunduh aplikasi Play Store ke laptop dan PC Anda menggunakan DLAPK:

  1. Kunjungi situs APK DL.
  2. Buka halaman Play Store, cari Aplikasi yang di inginkan.
  3. Paste link Aplikasi tersebut dan copy ke dalam kotak Package Name or Google Play URL.
  4. Klik Download APK File.
  5. Aplikasi akan otomatis terunduh.

4. Cara Download Aplikasi Dengan Google Chrome Extension

Jika Anda adalah pengguna Google Chrome, Anda dapat mencoba metode ini. Cara mencobanya adalah dengan menambahkan ekstensi bernama APKDownloader ke Google Chrome. Berikut cara mendownload aplikasi ke laptop Anda:

  1. Buka Google Chrome dan buka Toko Web Chrome.
  2. Pada kolom sebelah kiri, klik Aplikasi atau Ekstensi.
  3. Ketik APK Downloader pada kolom pencarian.
  4. Klik APK Downloader dan klik Tambahkan ke Chrome.
  5. Buka Google Play Store
  6. Cari Aplikasi yang Anda inginkan.
  7. Salin URL dari Aplikasi yang Anda inginkan.
  8. Klik icon ekstensi APK Downloader yang ada di pojok kanan atas.
  9. Copy Paste URL Aplikasi yang ingin Anda download.
  10. Klik Generate Download Link dan download APK-nya.
  11. Berhasil! Aplikasi telah terinstal di laptop Anda.

Cara ini merupakan cara singkat bagi yang tidak ingin repot memasukkan alamat pengunduh APK di Address Bar. Cukup klik ikon APK Downloader di sudut kanan atas.

Baca Juga:  Cara Mengembalikan Video Yang Terhapus Permanen Di Hp 2022

5. Cara Download Aplikasi Dengan Windows Store

Nah, berikut ini adalah tutorial cara mendownload aplikasi di Windows Store. Oleh karena itu, Windows juga memiliki toko Windows seperti Google Play store.

Windows Store juga memiliki berbagai aplikasi yang Anda butuhkan, yang sebagian besar gratis. Tertarik dengan cara download aplikasi di laptop Windows 7 dan versi lainnya? Metodenya adalah sebagai berikut.

  1. Klik Start dan Pilih Windows Store.
  2. Pilih Aplikasi yang ingin Anda download.
  3. Klik Download Aplikasi dan tunggu sampai 100% selesai.
  4. Keluar dari Windows Store.
  5. Klik Start dan pilih Aplikasi yang sudah Anda download.
  6. Berhasil! Aplikasi yang Anda inginkan sudah terunduh di laptop.

6. Cara Download Aplikasi Dengan Mac

Bagi pengguna laptop Mac, aplikasi yang ditawarkan tentu berbeda dengan Windows. Ada aplikasi khusus yang hanya ada di Apple Store. Berikut cara mengunduh aplikasi ke laptop Mac Anda:

  1. Kunjungi Apple Store.
  2. Cari Aplikasi yang Anda inginkan.
  3. Bayarlah terlebih dahulu apabila Aplikasi tersebut berbayar.
  4. Setelah itu download Aplikasi tersebut.
  5. Berhasil! Aplikasi sudah ter-download di laptop.

7. Cara Download Aplikasi Langsung dari Internet

Jika Anda tidak dapat menemukan aplikasi yang Anda butuhkan, Anda dapat memasukkannya langsung ke mesin pencari web browser seperti Mozilla Firefox, Opera,dll.

Tidak Bisa Install Aplikasi di Windows?

Jika anda mengalami kesulitan ketika install aplikasi di windows 7,8 dan 10, anda tidak perlu khawatir. Berikut cara mengatasi laptop / pc tidak bisa install aplikasi :

Tidak Bisa Install Aplikasi di Windows 7

1. Gunakan installer windows

Jika terjadi masalah, periksa layanan Pemasang Windows jika Anda tidak dapat menginstal aplikasi pada Windows 7. Mengingat masalah ini, sering terjadi ketika layanan Pemasang Windows dinonaktifkan.Untuk mengubah, klik ikon Windows + R untuk membuka jendela Run. Kemudian masukkan layanan.msc di kolom dan klik tombol Enter.

Baca Juga:  Cara Download Video TikTok Tanpa Watermark 2022 Terbaru

Temukan dan gulir ke bawah hingga Anda ingin menemukan dan mengklik kanan layanan Windows Installer, dan kemudian ketuk Properti.Di bagian Jenis Mulai, ubah secara manual dan ketuk Terapkan, lalu klik OK. Kemudian coba instal aplikasi lagi. selesai.

2. Restart PC atau Laptop

Bahkan, jika installer layanan Windows aktif tetapi aplikasi tidak dapat diinstal, Anda dapat menangani PC atau laptop. Kemungkinan masalah ini adalah karena layanan pada sistem tidak mengoptimalkan atau konflik. Kecelakaannya tidak luar biasa, tetapi restart Windows 7 masih menyelesaikan masalah yang ada.

Namun, Anda perlu menggunakan aplikasi pembersih seperti CCleaner untuk membersihkan file limbah pada sistem Anda.Oleh karena itu, sistem Windows 7 berjalan secara optimal saat restart.

3. Ruang disk kosong

Ini bisa menjadi solusi untuk Anda. Oleh karena itu, Anda dapat memberikan ruang ruang untuk aplikasi yang ada.

4. Pasang sebagai administrator

Selain itu, Anda tidak dapat menggunakan fitur Administrator AS Run untuk menginstal aplikasi pada Windows 7. Langkah pertama adalah mencari aplikasi terbuka. Kemudian klik kanan pada aplikasi dan ketuk Jalankan sebagai administrator. Jika pemberitahuan ditampilkan, kerannya OK. Kemudian tunggu aplikasi terbuka untuk sementara waktu. selesai.

5. Unduh .NET Framework melalui situs web resmi

Dan coba instal internet untuk tips berikut. Kerangka versi terbaru. Bersih. Kerangka kerja itu sendiri memainkan peran penting dalam aplikasi yang berjalan di Windows. Tidak hanya itu, jaring. Kerangka kerja memiliki fungsionalitas yang cukup. Contoh seperti tautan sistem operasi dipasang. Unduh net. Kerangka versi terbaru harus diakses oleh halaman resmi Microsoft di sini. Setelah menginstal internet. Sebelum menginstal aplikasi, restart kerangka kerja, lalu PC atau laptop Anda.

Tidak Bisa Install Aplikasi di Windows 8

Secara umum, Windows 8 menggunakan .NET Framework 4.5 sementara aplikasi yang akan diinstal hanya menggunakan versi 3.5. Penggunaan .NET Framework

Kemudian instal .NET Framework untuk mengatasi masalah ini.

1. Masukkan program Program Panel Kontrol dan Menu Fungsi
2. Aktifkan .NET Framework 3.5 (termasuk .NET 2.0 dan 3.0).
3. Jika diinstal, instal ulang aplikasi.

Tidak Bisa Install Aplikasi di Windows 10

Apabila laptop atau PC Anda menggunakan Windows 10 dan mengalami tidak bisa menginstall aplikasi, berikut ini adalah beberapa solusi yang bisa dicoba untuk mengatasinya.

1. Nyalakan kembali komputer Anda

Langkah pertama sebelum melakukan langkah lain adalah me-restart komputer Anda. Tujuannya adalah untuk memperbarui sistem dan layanan yang berjalan pada Windows untuk menginstal perangkat lunak yang belum diinstal. Solusi sederhana ini dikelola untuk menyelesaikan masalah. Silakan coba dulu.

2. Cobalah untuk mematikan Kontrol Akun Pengguna (UAC)

Jika Anda tidak dapat menginstal aplikasi setelah reboot, Anda dapat mencoba mematikan fitur filter yang disebut kontrol akun pengguna. Fitur ini adalah salah satu fitur keamanan untuk mencegah sistem dilakukan pada tingkat manajemen. UAC tidak dapat menginstal perangkat lunak di komputer Anda dalam kondisi tertentu.

Ikuti langkah-langkah di bawah ini.

  • Klik bilah pencarian untuk masuk: UAC
  • Dari menu yang muncul, pilih [Ubah pengaturan Ubah Akun Pengguna].
  • Tarik slider di jendela pengaturan UAC ke titik bawah (jangan beri tahu Anda)
  • Kemudian klik tombol OK
  • Tutup jendela konfigurasi dan instal perangkat lunak yang tidak dapat diinstal.
Baca Juga:  Cara Mengaktifkan Hotspot Di iPhone 2022 Terbaru

3. Periksa pengaturan penginstal aplikasi
Windows 10 memungkinkan Anda untuk menginstal program dari Microsoft Store dan sumber lain, tetapi Anda memiliki pengaturan untuk pengguna untuk menginstal aplikasi dari Microsoft Store jika diaktifkan. Jika pengaturan ini aktif, Anda tidak dapat menginstal perangkat lunak yang tidak berasal dari Microsoft Store. Untuk memverifikasi bahwa Anda perlu memeriksa pengaturan ini terlebih dahulu.

Ikuti langkah-langkah di bawah ini.

  • Klik tombol Windows dan kemudian pilih Pengaturan
  • Pilih Menu Aplikasi> Aplikasi & Fitur
  • Pilih bagian Bagian Lokasi Aplikasi dan pastikan pilihan tersedia.

Kemudian aktifkan fungsionalitas mode pengembang sebagai berikut:

  • Silakan masukkan pengaturan
  • Pilih Pembaruan dan Keamanan
  • Klik tab Pengembang
  • Aktifkan Mode Pengembang

4. Pastikan ruang penyimpanan yang tersedia cukup

Salah satu mengapa Windows 10 tidak dapat menginstal aplikasi adalah karena ruang penyimpanan yang tersedia tidak cukup. Untuk menghindari memeriksa ini, buka penyimpanan sisa drive C dengan membuka program file explorer. [PC ini]> [Periksa apakah masih ada cukup ruang kosong]

Anda dapat mengikuti tutorial berikutnya untuk membersihkan drive C penuh. Cara Membersihkan Drive C Penuh

5. Jalankan installer sebagai administrator

Akun pengguna Windows 10 hanya menjalankan program menggunakan akses administrator sesuai kebutuhan. Ini diatur oleh fungsi kontrol akun pengguna. Ketika Anda menginstal jendela UAC, perangkat lunak tersebut muncul untuk meminta daya untuk menjalankan perangkat lunak dengan Access Administrator. Jika ini gagal, aplikasi tidak diinstal. Untuk mengatasinya, Anda dapat menggunakan akses administrator manual untuk menjalankan aplikasi.

Untuk melakukan ini, sangat mudah dengan mengklik kanan file installer. > Klik Jalankan sebagai Administrator> Ya.

6. Gunakan mode yang kompatibel

Penyebab aplikasi tidak dapat diinstal pada Windows 10. Mungkin karena masalah kompatibilitas. Beberapa program tidak kompatibel dengan versi Windows 10 modern, jadi Anda perlu menggunakan fungsi mode kompatibilitas untuk dijalankan. Ini biasanya terjadi dengan program lama yang berjalan dalam versi Windows dengan Windows 10.

Ikuti langkah-langkah di bawah ini.

  • Klik kanan file installer perangkat lunak
  • Pilih Properties.
  • Klik tab Kompatibilitas
  • Periksa opsi eksekusi untuk program ini dalam mode kompatibilitas.
  • Pilih versi Windows yang lebih panjang (Windows 7 atau Windows 8).

Anda dapat mencoba versi Windows mana yang kompatibel untuk menjalankan installer. Jika Windows 8 tidak dapat menggunakan Windows 7, Vista, XP, dll.

7. Verifikasi bahwa bit aplikasi cocok dengan bit komputer (32-bit / 64 bit).

Program arsitektur 32-bit dapat diinstal pada arsitektur 64-bit dan 32-bit dan komputer arsitektur 32-bit, tetapi program 64-bit hanya dapat diinstal pada komputer 64-bit. Ini tidak dapat diinstal ketika program yang akan diinstal adalah 64-bit atau menggunakan PC atau laptop 32-bit.

Perlu memastikan bahwa versi buatan perangkat lunak yang diinstal kompatibel dengan laptop. Setiap pengembang aplikasi biasanya menyediakan kedua versi sistem. Periksa sekali atau periksa sekali, dan periksa apakah versi aplikasi cocok untuk laptop.

Nah sobat, itu tadi keterangan seputar tips dan trik Cara Download Aplikasi Di Laptop Windows 7,8,10 (100% Aman) dan semoga dapat bermanfaat. Selamat mencoba ya! Terima kasih.

Rate this post