Cara Alami Melancarkan Buang Air Besar

 Cara Alami Melancarkan Buang Air Besar

Kitapastibisa.id – Cara Alami Melancarkan Buang Air Besar – Hellosehat

Masalah pencernaan adalah keluhan kesehatan yang seringkali dialami setiap orang. Salah satunya adalah sulit buang air besar (BAB) atau sembelit ini kadang kala membuat seseorang mengalami jarang buang air besar dan juga sulit untuk melakukannya. Sembelit adalah adalah kondisi di mana seseorang buang air besar kurang dari tiga kali seminggu. Kondisi ini terjadi karena gerakan usus yang melambat atau fungsi usus yang bermasalah. Pola makan, aktivitas harian, usia dan status kesehatan dapat memengaruhi kondisi buang air besar seseorang. Kondisi seperti ini tidak boleh dianggap remeh, karena dapat berdampak pada masalah kesehatan lainnya. Sulit buang air besar menyebabkan sisa-sisa makanan menumpuk pada bagian usus, sehingga dapat mengganggu jalannya sistem pencernaan.

Normalnya buang air besar dilakukan secara rutin tiap hari, namun terkadang kondisi tubuh menyebabkan sulit untuk buang air besar. Sebenarnya tidak ada patokan mengenai berapa kali normalnya seseorang harus buang air besar dalam sehari atau seminggu. Sebagian orang buang air besar sebanyak 1-2 kali seminggu, tapi ada juga yang hingga tiga kali sehari. Namun jika kamu belum buang air besar selama tiga hari atau lebih dan mulai merasa tidak nyaman,  cobalah menerapkan hidup sehat lewat penerapan pola makan dan gaya hidup sehat.

Baca Juga  Merapikan Rumah Ala Marie Kondo

Berikut untuk melancarkan Buang Air Besar secara alami

Baca Juga: Tips Menjaga Kondisi Gadget Agar Tetap Sehat

  1. Banyak Minum Air Putih

Asupan cairan yang rendah merupakan penyebab umum susah BAB. Mengonsumsi air dapat menjadi cara melancarkan BAB secara alami,  sebab air dapat membantu mendorong kotoran melalui sistem pencernaan dengan mudah. Selain air putih, kamu juga dapat memenuhi asupan cairan dengan teh herbalatapundengan memasukkan buah-buahan dan sayuran yang tinggi air, seperti mentimun, lemon, seledri, tomat, melon, stroberi, semangka dan lain sebagainya.

  1. Memenuhi Kebutuhan Serat

Serat bermanfaat dalam sistem pencernaan dengan menyerap air dan membantu melunakkan kotoran, sehingga membantu saluran pencernaan tetap berjalan lancar. Makanan berserat bertindak sebagai pencahar alami yang akan membuat feses menahan lebih banyak air. Makanan tinggi serat dapat ditemukan dalam pati gandum, kacang-kacangan, dan biji-bijian, serta sayuran.

  1. Mengunyah Makanan dengan Menyeluruh

Ketika mengunyah makanan dengan menyeluruh, perut bekerja lebih sedikit untuk mengubah makanan padat menjadi campuran cair yang masuk ke usus kecil. Mengunyah menghasilkan air liur, dan semakin lama kamu mengunyah, semakin banyak air liur dibuat. Air liur membantu proses pencernaan di mulut dengan memecah beberapa karbohidrat dan lemak dalam makanan.

  1. Konsumsi prebiotik dan probiotik

Makanan probiotik adalah makanan yang ditambahkan bakteri yang mirip dengan bakteri baik di usus. Sementara, makan prebiotik adalah makanan yang mengandung zat yang baik untuk bakteri di dalam usus. Rata-rata bakteri probiotik dapat mempercepat waktu yang dibutuhkan makanan untuk berjalan sejak mulai masuk ke mulut, saluran pencernaan, dan sampai keluar menjadi feses. Bakteri sehat ini membantu pencernaan dengan memecah serat yang tidak bisa dicerna sehingga membuat usus tetap sehat. Terlebih lagi, probiotik dapat meningkatkan gejala sembelit dan diare sehingga mampu melancarkan BAB.

  1. Olahraga

Olahraga dapat menimbulkan kontraksi otot pada tubuh sehingga makanan dapat bergerak dengan cepat melalui usus dan membantu perjalanan makanan melalui sistem pencernaan menjadi lebih lancar. Selain itu, olahraga juga dapat mengurangi gejala penyakit radang usus karena efek anti-inflamasi, seperti mengurangi senyawa inflamasi dalam tubuh.

Baca Juga  Menjadikan Hunian Nyaman dan Sejuk

6.       Menghindari stres

Stress dapat mempengaruhi kondisi sistem pencernaan dan memicu terjadinya sembelit, salah satunya gerakan usus yang melambat dan menyebabkan sembelit.. Kondisi psikologis yang sedang kamu rasakan seperti stres, cemas, depresi, dan lainnya juga bisa  menimbulkam kodisi sulit BAB. Coba kurangi level stres agar tidak mengganggu sistem pencernaan yang menjadi penyebab sembelit.

7.       Hindari menahan buang air besar

Seringkali kita merasa malas dan sering menunda-nunda untuk pergi ke kamar mandi sehingga harus menahan BAB, padahal sudah ada dorongan untuk melakukannya. Padahal dengan menahan BAB, dapat menyebabkan terserang sembelit dan mengalami konstipasi.  Feses yang harusnya dikeluarkan tertahan di usus semakin lama, sehingga usus akan menyerap cairan pada feses lebih banyak dan berakibat feses menjadi lebih padat, kering, dan akhirnya sulit dikeluarkan. Untuk itu segeralah ke kamar mandi jika sudah merasakan tanda-tanda akan BAB.

8.       Perhatikan apa yang Anda makan

Kurangnya asupan vitamin B12 dalam makanan menjadi salah satu penyebab sembelit. Dengan memperhatikan asupan vitamin B12 pada menu makanan bisa membantu melancarkan BAB secara alami. Kadungan vitamin B12 bisa didapatkan dari buah kiwi, jeruk, oatmeal, bayam, lidah buaya, kacang, yogurt.

Baca Juga  Langkah Untuk Menjaga Pikiran Tetap Tenang

Artikel Terkait

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *