Burung Emprit Panganan Gurih Khas Jawa Tengah

 Burung Emprit Panganan Gurih Khas Jawa Tengah

Kitapastibisa.id – Burung Emprit Panganan Gurih Khas Jawa Tengah – Jatenglive

Burung Emprit Panganan Gurih Khas Jawa Tengah – Burung pipit atau manuk emprit selama ini merupakan hama bagi petani karena suka memakan tanaman padi. Namun kini, burung pipit menjadi salah satu bahan panganan yang lezat dan berprotein tinggi. Cara memasak burung ini terbilang sederhana, cukup dengan menggorengnya saja, namun rasanya sudah mengundang selera.

Para penangkap burung emprit mempunyai strategi tersendiri untuk mendapatkan burung emprit dalam jumlah besar. Mereka harus tiba di sawah-sawah milik petani pada pagi buta sekitar pukul 04.30 subuh. Dengan menggunakan jaring ukuran 3-5 meter persegi, dibentangkan dengan bantuan tiang dari bambu. Ketika jaring terpasang mereka langsung menggiring burung supaya masuk dalam perangkapnya.

Ratusan ekor emprit yang terjaring selanjutnya dimasukkan ke dalam sebuah sangkar. Selanjutnya, satu per satu disembelih dan dikuliti untuk diolah. Namun sebelumnya, bersihkan dahulu jeroannya lalu rendam burung emprit bersih dalam bumbu. Berbagai macam bumbu dalam memasaknya, seperti garam, bawang putih, ketumbar, kunyit, dan daun jeruk.

Baca Juga  Tips Menemukan Pola Sarapan yang Baik Bagi Tubuh

Seorang penikmat burung emprit mengatakan, setelah beberapa kali menikmati kuliner tersebut ia mengaku ketagihan. Terlebih lagi manfaat untuk kesehatan dapat meningkatkan stamina tubuh sehingga tubuh terasa lebih berenergi dalam menjalani aktivitas sehari-hari.

Baca Juga: Syahrini Kenakan Baju Serupa dengan Melanie Trump

Cicipi Berbagai Kuliner Menarik Khas Jawa Tengah

Burung Emprit Panganan Gurih Khas Jawa Tengah
Kitapastibisa.id – Burung Emprit Panganan Gurih Khas Jawa Tengah – Nyero

Saat berkunjung ke suatu daerah, entah untuk urusan pekerjaan atau hanya sekadar refreshing. Mencoba makanan khasnya adalah hal wajib. Seperti Salatiga, Jawa Tengah dengan Enting-enting salah satu makanan khas yang cukup popular.

Buat kamu pecinta kuliner soto, menikmati soto Kudus pada pagi atau siang hari adalah ide yang tepat. Soto Kudus adalah salah satu makanan khas Jawa Tengah yang sangat nikmat dan terkenal. Seperti namanya, panganan ini awalnya berasal dari Kudus.

Makanan khas Jawa Tengah lain yang wajib Anda coba adalah wajik. Camilan ini termasuk salah satu yang masih ada meskipun termasuk panganan yang tradisional. Wajik sudah muncul sejak zaman dahulu, namun bisa bertahan dari gerusan makanan modern karena rasanya yang khas.

Baca Juga  Manfaat Buah Mangga Bagi Kesehatan Tubuh

Nasi grombyang makanan khas ini juga cukup terkenal dan nikmat. Hingga kini, masih cukup ramai dengan masyarakat sekitar, terutama para wisatawan yang datang ke Pemalang. Olahan nasi ini tersaji dengan kuah yang lebih banyak daripada isinya sehingga menu nasi terlihat grombyang-grombyang.

Untuk pecinta kuliner mi, maka mencoba mi ongklok adalah salah satu pilihan yang tepat. Mi ongklok merupakan makanan khas yang berasal dari daerah Wonosobo. Kuliner mi ini cukup unik dengan campuran kol dan juga daun kucai. Kamu juga bisa menambahkan beberapa lauk, seperti sate sapi, tempe kemul atau keripik tahu sebagai pendamping saat menikmati mi.

Artikel Terkait