Buku Perdana Jerome Polin Meraih Penghargaan IKAPI

 Buku Perdana Jerome Polin Meraih Penghargaan IKAPI

Kitapastibisa.id – Buku Perdana Jerome Polin Meraih Penghargaan IKAPI – Kompas

Buku Perdana Jerome Polin Meraih Penghargaan IKAPI – Jerome Polin, salah satu pemuda Indonesia yang sukses dalam dunia YouTube dengan jutaan subscriber. Belum lama ini Jerome telah meraih penghargaan dalam Ikatan Penerbit Indonesia (IKAPI) Awards 2020 untuk kategori penulis pendatang terbaik atau “Rookie of The Year”.

“Bukunya sungguh unik. Berisi soal latihan matematika yang dipadu dengan kisah perjuangan hidup penulisnya”. Ucap perwara dalam acara virtual IKAPI Awards 2020 pada Senin (28/9/2020).

Jerome sekarang ini terdaftar sebagai mahasiswa Universitas Waseda, Jepang. Pria 22 tahun ini sangat menginspirasi, sebab perjalanannya untuk kuliah dan mendapat beasiswa harus melewati berbagai macam kegagalan. Keseharian Jerome selain kuliah dan menjadi Youtuber, ia juga menulis buku ‘Mantappu Jiwa’. Hasil kerja kerasnya tersebut membuahkan hasil dengan penjualan sebanyak 50.000 eksemplar.

Awal mula Jerome menulis pada 2018, Ruth selaku editor Gramedia Pustaka Utama menghubungi Jerome lewat DM akun Instagramnya untuk menanyakan apakah mau menulis buku atau tidak. Setelah itu tahun 2019 Jerome meluncurkan buku perdana yang berisi tentang perjalanan hidup Jerome. Dalam buku tersebut Ia juga menyisipkan motivasi-motivasi untuk anak-anak muda yang ingin bisa menguasi pelajaran matematika.

Baca Juga  Maya Skolastika, Membangun Semangat Petani Organik

Selama berkuliah di Waseda University, Jerome mempunyai geng yang beranggotakan empat mahasiswa, Waseda Mantappu Boys. Jerome dan teman-temannya pun sering membuat video bersama untuk konten ‘Nihongo Mantappu’. Tiga temannya itu yakni, Tomo, Yusuke, dan Ryoma, bahkan sudah mempunyai banyak fans dari Indonesia.

Baca Juga: Yang Perlu Diketahui oleh Muslim Tentang Sindrom Impostor

Kesal Hasil Karyanya Tersebar Secara Ilegal

Buku Perdana Jerome Polin Meraih Penghargaan IKAPI
Kitapastibisa.id – Buku Perdana Jerome Polin Meraih Penghargaan IKAPI – Detik

Buku dalam format elektronik harusnya dapat memberikan solusi terhadap mahalnya harga buku teks tetapi pada kenyataannya menjadi lebih mudah untuk di bajak secara online. Namun oknum yang tidak bertanggung jawab dengan ilegal menyebarluaskan buku hasil karya Jerome Polin dalam format PDF. Karena itu ia pun merasa tidak mendapat penghargaan sebagai penulis buku. Jerome takut jika kejadian ini membuat para penulis berhenti unutk menulis dengan adanya pembajakan buku yang semakin merajalela.

“Jangan sampai para penulis jadi tidak mau menulis lagi. Hanya karena tau bahwa ujung-ujungnya bukunya akan dibajak dan dia tidak bisa hidup lagi dari hasil karyanya. Sekali lagi, tolong. Kalau kalian lihat ada yang ngeshare, tolong kalian ingetin/ screenshot twit ini. Terima kasih banyak,” tulis Jerome.

Baca Juga  Celyn Bocah Jenius Asal Sragen Mengantongi 700 Piala

Jerome kemudian menjelaskan bahwa penulis juga merupakan suatu pekerjaan. Para penulis berhak atas pundi-pundi uang dari hasil kerja keras mereka setiap kali buku karyanya terjual.

Selain itu, Jerome berpendapat bahwa menabung untuk membeli sebuah buku dengan cara legal atau meminjam dari teman merupakan tindakan yang lebih baik daripada harus menghilangkan rezeki orang lain. Sekali lagi, Jerome mengatakan untuk tidak menyebarkan hasil karya buku secara ilegal.

Artikel Terkait