Bubur Ase, Panganan Legendaris Dari Betawi

 Bubur Ase, Panganan Legendaris Dari Betawi

Kitapastibisa.id – Bubur Ase, Panganan Legendaris Dari Betawi – Kompas

Bubur Ase, Panganan Legendaris Dari Betawi – Bubur merupakan panganan yang populer dalam kehidupan sehari-hari. Bahkan Bubur dapat dengan mudah  ditemui mulai dari pedagang pinggir jalan hingga menu restoran. Tetapi ada satu jenis bubur yang susah ditemui, ialah Bubur ase, hidangan khas dari Betawi.

Dalam perkembangannya, bubur ase yang merupakan kependekan dari kata “asinan” dan “semur” juga memasukkan kacang tanah goreng, emping, dan kerupuk ke dalamnya. Tidak lupa tambahan bumbu-bumbu lain yang menambah kelezatannya.

Paduan semur dan asinan ini memang terkesan asing. Namun kenyataannya, rasanya enak. Kombinasi buburnya yang meriah ini terasa sangat nikmat di lidah. Sensasi rasa manis, asin, gurih, pedas, dengan tekstur yang renyah terasa menggoda lidah.

Baca Juga: Menghilangkan Uban Dengan Cara Alami

Aneka Olahan Bubur Populer

Bubur Ase, Panganan Legendaris Dari Betawi
Kitapastibisa.id – Bubur Sumsum – Merdeka

Bubur sumsum merupakan salah satu jenis yang merupakan makanan khas di wilayah pulau Jawa. Kudapan ini berwarna putih ini terbuat dari tepung beras dan dimakan dengan kuah manis yang berasal air gula merah. Rasa manis akan membantu mengembalikan energi, sedangkan tepung beras yang lembut akan memberikan kenyamanan di mulut dan perut serta mudah dicerna.

Baca Juga  Beberapa Langkah Merawat Tanaman Hias

 

Bubur Ase, Panganan Legendaris Dari Betawi
Kitapastibisa.id – Bubur Kampiun – Detik

Bubur yang satu ini merupakan salah satu makanan khas yang berasal dari Sumatera Barat, tepatnya di kota Bukittinggi. Komponen penyusun dari bubur kampiun umumnya terdiri dari campuran ketan putih yang dikukus, sumsum, ketan hitam, kolak pisang/ubi, kacang hijau, dan candil. Bubur kampiun juga bisa ditambahkan pacar cina, biji salak, dan srikaya yang umum ditemui.

Bubur Kacang Hijau
Kitapastibisa.id – Bubur Kacang Hijau – Merdeka

Bubur ini memang menjadi salah satu kudapan berbuka puasa yang cukup diminati oleh banyak orang. Memiliki tekstur yang lembut dengan rasa manis dan sedikit gurih, sajian bubur kacang hijau terbuat dari perpaduan biji kacang hijau yang dimasak bersama gula merah, santan, sedikit jahe dan daun pandan.

Bubur Ketan Hitam
Kitapastibisa.id – Bubur Ketan Hitam – Liputan6

Nah, kalau ada bubur kacang hijau pasti ada bubur ketan hitam. Berbahan dasar ketan hitam yang juga dimasak dengan santan, gula merah, dan daun pandan, bubur ketan hitam tak hanya memiliki tekstur yang lembut, namun juga kenyal. Biasanya, bubur ketan hitam disajikan dengan tambahan kuah santan kental yang gurih dan pas banget ketika disantap bersama bubur ketan yang manis.

Baca Juga  Langkah untuk Menjaga Konsentrasi dan Kesadaran

Artikel Terkait

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *