Bocah Kelas 4 SD Rela Menabung Demi Berqurban

 Bocah Kelas 4 SD Rela Menabung Demi Berqurban

Kitapastibisa.id – Bocah Kelas 4 SD Rela Menabung Demi Berqurban – Tribun

Bocah Kelas 4 SD Rela Menabung Demi Berqurban – Muhammad Amir Althaf Habibi, anak berumur 9 tahun ini patut dijadikan contoh karena dia sudah bisa berqurban seekor kambing dari hasil tabungannya sendiri. Dengan menyisihkan uang jajan antara Rp 1000 sampai Rp 2000, anak dari pasangan Kusnadi Lisa Purnama dan Retno Dwi Ambarwulan ini sudah lama berniat berkurban.

“Tabungan saya sudah lama. Kalau ada uang pasti saya menabung. Apalagi kalau hari raya Idul Fitri, saya pasti menabung di celengan. Kalau lebaran ada THR, jadi bisa menabung lebih banyak,” ujar Habibi menceritakan bagaimana caranya mengumpulkan uang.

Jumlah tabungannya bertambah drastis ketika Idul Fitri. Uang pemberian orang tua, keluarga, dan tetangga yang biasa disebut THR atau tunjangan hari raya, ditabung semuanya. Uang pecahan Rp50 ribu dan Rp100 ribu dimasukkan semua sehingga celengannya semakin berat.

Tak hanya Habibi, adiknya bernama Nayra Sabila Ilmu (5) juga ikut sedekah daging kurban yang didapat dari hasil celengannya. Pada tahun-tahun mendatang, mereka kembali berniat berkurban dari upaya yang sama.

Baca Juga  Joko Anwar Menjadi Sutradara Terbaik Dalam Ajang FFI 2020

Baca Juga: Coklat Monggo, Oleh-Oleh Khas Yogyakarta

Keutamaan Berqurban Saat Idul Adha

Keutamaan Berqurban Saat Idul Adha
Kitapastibisa.id – Keutamaan Berqurban Saat Idul Adha – SDI

Hari Raya Idul Adha atau disebut juga Idul Qurban tahun ini akan jatuh pada Jumat, 31 Juli 2020. Berqurban adalah salah satu amalan istimewa yang hanya ada pada hari raya Idul Adha. Oleh karena itu ketahuilah keutamaan dari berqurban agar kita lebih mendekatkan diri kepada Allah SWT. Sebagaimana dalam surat Al-Maidah ayat 27: “Sesungguhnya Allah hanya menerima (qurban) dari orang-orang yang bertaqwa.”

Hukum dasar qurban sebenarnya adalah sunnah muakkad. Artinya, meskipun sunnah, ibadah ini sangat dianjurkan. Beberapa ulama berpendapat, bahwa berqurban merupakan sebuah “kewajiban” bagi mereka yang mampu, sedangkan bagi yang tidak, qurban boleh tidak dilaksanakan.

Secara umum, definisi mampu yang dimaksud para ulama adalah mereka yang memiliki kekayaan untuk membeli hewan qurban. Pembelian hewan qurban pun baru bisa dilakukan apabila seseorang telah menyelesaikan kewajiban nafkah terhadap keluarganya. Jadi, apabila seorang Muslim memiliki penghasilan bulanan yang dapat mencukupi kehidupan sehari-hari dan membeli hewan qurban, maka hukum penyembelihan saat Idul Adha adalah wajib dan disyariatkan.

Baca Juga  Ayu Larasati, Perupa Keramik Muda dari Indonesia

Diketahui hewan kurban mestilah hewan ternak antara lain unta, sapi, kambing, atau domba. Selain hewan-hewan ternak itu, tidak bisa dijadikan sebagai hewan kurban. Unggas, seperti misalnya ayam, bebek, burung, ikan tidak bisa dikategorikan sebagai hewan kurban. Selain itu hewan qurban haruslah mencapai usia minimal yang sudah diatur syariat islam, untuk sapi minimal berumur 2 tahun dan telah masuk tahun ke 3.

Artikel Terkait

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *