Biasakan Menabung untuk Keperluan Mendesak

 Biasakan Menabung untuk Keperluan Mendesak

kitapastibisa.id – Biasakan Menabung untuk Keperluan Mendesak – Banjir Embun

Anjuran menabung sepertinya sudah menjadi nasihat yang mungkin tak akan pernah hilang dari kehidupan kita. Bukankah sejak kecil kita selalu diajarkan dan dilatih oleh ayah ibu kita untuk menabung? Dengan berbagai cara mulai dari menyiapkan celengan berbentuk atau bergambar lucu, hingga menjanjikan suatu barang jika kita berhasil menabung hingga nominal tertentu.

Memasuki masa pandemik seperti sekarang ini, tentu saja orang-orang yang giat menabung cukup bisa bernafas lebih panjang menghadapi naik turun ekonomi yang sangat sulit diprediksi.

Nah, apakah kamu termasuk orang yang mudah untuk menabung? Atau sebaliknya? Gaya hidup dan kebutuhan tidak bisa diimbangi oleh pemasukan bulanan?

Yuk simak tips berikut untuk kamu bisa menyisihkan penghasilanmu dan menanbung!

Baca Juga: Menjadikan Hunian Nyaman dan Sejuk

  1. Melakukan Identifikasi terhadap kebutuhan diri

Menjaga kesadaran terhadap pengeluaran rutin menjadi sebuah kunci untuk bisa menyusun skala prioritas dan akan berpengaruh langsung terhadap cara kita mengelola uang lho. Langkah pertama kamu bisa melakukan pencatatan atas setiap kebutuhanmu sehari-hari. Mulai dari kebutuhan pokok, tambahan, dan hiburan. Sehingga kamu akan mengerti di kebutuhan mana pengeluaran terbesarmu.

  1. Menuliskan Tujuan

Ketika kita menabung, akan sangat baik apabila kita memiliki tujuan atas tabungan tersebut. Misalnya, kita menabung untuk membeli rumah, untuk berlibur, untuk biaya sekolah. Dengan adanya tujuan tersebut, secara sadar dan tidak, kita telah menyusun dan memprioritaskan aliran pengeluaran kita setiap bulan.

  1. Buat Anggaran

Memliki tabungan atas tujuan tertentu berarti kita telah memiliki pikiran untuk menganggarkan pemasukan kita untuk mulai dibagikan ke pos-pos tersebut. Sehingga secara tidak langsung kita telah membagi  dan menyisihkan berdasarkan kebutuhan kita terlebih dahulu.

Baca Juga  Cara Menyimpan Makanan Di Kulkas Agar Tahan Lama

Dalam tahap ini, utamakan kebutuhan bukan keinginan. Periksa dan catat juga untuk keperluan rutin misalnya tagihan listrik, internet, kartu kredit, rumah, atau bahkan cicilan lainnya yang akan menjadipengeluaran rutin kita setiap bulan. Tujuannya adalah agar kita bisa mengatur dan membuat pola yang efisien.

  1. Catat Pengeluaran

Membuat catatan pengeluaran atas kebutuhan sehari-hari secara berkala juga akan sangat membantu kita dalam mengatur keuangan dan kebutuhan kita untuk menabung. Dengan rajin melakukan pencatatan kita dapat membandingkan pengeluaran kita antara bulan ini dengan bulan berikutnya atau bulan sebelumnya.

Sehingga, kita bisa langsung mengetahui apabila kita melakukan pengeluaran atau transaksi yang berbeda dari biasanya.

Mari membiasakan diri menabung dan mengatur keuangan dari keseharian kita!

Artikel Terkait