Berolahraga, Tingkatkan Imunitas di Tengah Pandemi

 Berolahraga, Tingkatkan Imunitas di Tengah Pandemi

Kitapastibisa.id – Berolahraga, Tingkatkan Imunitas di Tengah Pandemi – jd.id

Pandemi COVID-19 telah menghentikan banyak kegiatan olahraga dan berimbas pada berbagai kompetisi, kejuaraan, liga-liga di dunia. Namun bagi atlit dan juga masyarakat pencinta olahraga pada umumnya, kebutuhan untuk tetap berolahraga di masa pandemi bisa dilakukan secara personal di dalam rumah.

Aktivitas kecil seperti misalnya melakukan sit-up, push-up, atau skipping adalah contoh sederhana aktivitas olahraga yang bisa dilakukan di dalam rumah. Dr. Devia Irine Putri seperti dikutip dari laman klikdokter.com mengatakan bahwa aktivitas ini cukup dilakukan selama 30-40 menit setiap 3 kali dalam seminggu.

Bagi masyarakat yang menyukai olahraga angkat berat dapat membuat alat angkat berat sederhana. Misalnya dari benda-benda yang berada di rumah dengan tetap mengutamakan faktor keselamatan dan keamanan.

Bagaimana dengan aktivitas olahraga di luar ruang? Aktivitas olahraga tetap bisa dilakukan di luar ruang namun tetap memperhatikan protokol kesehatan selama masa pandemi dengan menggunakan masker dan terapkan physical distancing.

Olahraga seperti bersepeda atau jogging bisa dilakukan sendiri tanpa perlu berkontak dengan orang lain. Waktu terbaik untuk bersepeda atau jogging adalah di waktu subuh menjelang pagi hari karena udara di pagi hari relatif masih segar dan bersih dari polusi. Saran lainnya adalah memilih rute yang minim keramaian untuk tetap menjaga protokol kegiatan di luar ruang di masa pandemi ini.

Baca Juga  Memilih Peralatan Makan Berbahan Dasar Keramik

Baca Juga: Kampanye Cegah Pandemi lewat Batik Motif Covid-19

Jenis olahraga yang tidak disarankan

Olahraga luar ruang yang membutuhkan dua orang atau lebih sementara ini tidak disarankan khususnya olahraga yang memungkinkan terjadi kontak fisik seperti sepak bola, basket, atau olahraga bela diri. Pelaksanaan kegiatan olahraga sepak bola seperti kompetisi Bundesliga di Jerman misalnya, tetap menerapkan protokol ketat selama kompetisi berlangsung.

Sementara itu, bagi masyarakat yang ingin melakukan olahraga secara berpasangan bisa memilih olahraga badminton sebagai alternatif olahraga di luar ruang. Anda bisa lakukan ini dengan keluarga atau teman di depan rumah atau tanah lapang dan jauh dari keramaian. Biasakan untuk melakukan pemanasan selama 3-5 menit sebelum bermain badminton untuk minimalisir terjadi cedera.

Berbagai olahraga sederhana di atas merupakan beberapa contoh kegiatan olahraga yang bisa dilakukan di tengah masa pandemi COVID-19. Kondisi badan tetap fit dan terjaga dan alangkah baiknya jika ditunjang dengan pola makan dengan gizi berimbang. Seperti sayur dan buah yang mengandung vitamin serta pola istirahat cukup.

Baca Juga  Tips Konsumsi Makanan Agar Tubuh Lebih Sehat

Pola hidup sehat dengan rutin berolahraga harus menjadi budaya dalam masyarakat kita khususnya manakala ada wabah menular seperti COVID-19 ini. Kehidupan pada kenormalan baru yang mengutamakan kesehatan jasmani maupun rohani melalui kegiatan berolahraga secara rutin dan konsisten. Karena di dalam tubuh yang sehat akan terdapat jiwa yang kuat.

Artikel Terkait

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *