Berkeliling dan Belajar Sejarah Bersama Walking Tour

 Berkeliling dan Belajar Sejarah Bersama Walking Tour

Kitapastibisa.id – Berkeliling dan Belajar Sejarah Bersama Walking Tour – Korinatour

Berkeliling dan Belajar Sejarah Bersama Walking Tour – Pernah gak sih kamu pergi mengunjungi suatu tempat tanpa tahu cerita atau sejarah menarik tentang tempat tersebut ? Apakah kamu akan lebih menikmati jika datang berkunjung ke suatu tempat dan mengetahui banyak cerita terkait tempat tersebut ?

Biasanya di tempat-tempat tertentu yang dianggap sebagai tempat wisata pasti memiliki tour guide dong? Nah, bersama bersukaria kamu bisa jalan bersama teman-temanmu dan juga mendapatkan pengetahuan baru lho. Tak sekadar jalan-jalan biasa. Namun, ada cerita, fakta, dan data sejarah terkait dengan rute yang dilewati yang bisa dibagikan oleh pemandu tur kepada para peserta.

Fauzan adalah pemandu walking tour di Semarang yang diadakan oleh Bersukaria Tour Organizer. Tur itu mengajak para peserta berjalan kaki mengelilingi rute tertentu. Salah satunya walking tour edisi Mataram beberapa waktu lalu.

Mataram adalah nama lawas Jalan MT Haryono di Semarang. Meski jalan di ibu kota Jawa Tengah itu sudah berganti nama, masih banyak warga setempat, terutama yang tinggal di sekitar jalan tersebut, yang menyebutnya sebagai Jalan Mataram.

Baca Juga  Bukti Peninggalan Kerajaan Utsmani di Kota Yogyakarta

Baca Juga: Sofyan Adi Cahyono, Petani Organik di Lereng Merbabu

Menyimpan Banyak Nilai Sejarah

Berkeliling dan Belajar Sejarah Bersama Walking Tour
Kitapastibisa.id – Berkeliling dan Belajar Sejarah Bersama Walking Tour – Jawapos

Ada titik-titik di sepanjang kawasan itu yang menyimpan banyak sejarah. Misalnya Kampung Kulitan. Di kampung itu, ada Tasripin, saudagar Jawa kaya raya pada zaman kolonial. Seorang tuan tanah yang tak takut kepada penjajah Belanda. Ada cerita bahwa dia berani mengundang tamu-tamu Belanda ke rumah. Dan, saat mereka datang, dia menebar uang logam bergambar ratu Belanda di lantai rumah.

Durasi tiap tur 2-3 jam dengan menyusuri beberapa titik. Rute reguler diadakan setiap akhir pekan. Jika ingin mengikuti tur di luar hari yang ditentukan, peserta bisa mengikuti tur privat dengan biaya yang sudah ditentukan. Ada juga special tour dengan tema Suka Jajan. Itu khusus bagi yang suka memburu cerita kuliner. Special tour lain, misalnya, yang diadakan ketika peringatan Earth Hour atau Sumpah Pemuda.

Nah, Bersuka ria walk ini merupakan sebuah cara baru dalam menikmati dan mengenal sebuah kota yang ternyata di setiap sudutnya memiliki ceritanya tersendiri.  Kita tidak hanya mendapatkan sudut pandang baru, tetapi teman baru, dan juga pengetahuan baru. Menarik bukan untuk mengisi akhir pekanmu?

Baca Juga  Mengenal Ulee Balang Pakaian Adat Khas Aceh

Artikel Terkait