Berbahaya Terlalu Sering Meminum Air Jahe

 Berbahaya Terlalu Sering Meminum Air Jahe

Kitapastibisa.id – Jahe – Popbela

Berbahaya Terlalu Sering Meminum Air Jahe – Jahe dikenal luas karena memiliki manfaat untuk kesehatan dan dapat digunakan sebagai rempah-rempah untuk bumbu makanan. Tapi dibalik beragam manfaatnya itu, ternyata jahe bila dikonsumsi berlebih tidak akan bagus untuk kesehatan.

Tetapi jangan terlalu sering mengonsumsi rempah-rempah itu, sebab bisa menimbulkan efek buruk bagi kesehatan. Walaupun jahe sebagai obat tradisional, tapi rempah-rempah itu bisa memberikan masalah pada lambung, jika berlebihan karena memicu gas dan kembung.

Jahe juga mengganggu efek obat pengencer darah, seperti warfin dan aspirin. Dalam pengobatan Cina, jahe digunakan sebagai penangkal untuk keracunan makanan atau obat, yang menekankan sifat detoksifikasi.

Bahkan racun yang diciptakan di dalam tubuh dapat di buang secara efektif dengan jahe. Mungkin mengejutkan bahwa ramuan yang bermanfaat bagi kesehatan ini dapat benar-benar menimbulkan ancaman kesehatan juga.

Pakar kesehatan menyebut jahe ternyata sebaiknya tidak dikonsumsi dengan berlebihan. Kita direkomendasikan untuk mengonsumsinya maksimal 4 gram saja dalam sehari.

Baca Juga: 5 Momen Ikonik North-West Derby

Kondisi Dimana Seseorang Tidak Boleh Mengkonsumsi Jahe

Berbahaya Terlalu Sering Meminum Air Jahe
Kitapastibisa.id – Berbahaya Terlalu Sering Meminum Air Jahe – Genpi

Khusus untuk orang yang kekurangan berat badan, sebaiknya menghindari konsumsi jahe. Karena meningkatkan pH lambung dan menstimulasi enzim pencernaan. Jahe akan memicu pembakaran lemak dan mengurangi nafsu makan.

Baca Juga  Maskne, Jerawat Akibat Penggunaan Masker

Jika kamu menggunakan obat untuk tekanan darah tinggi atau diabetes, sebaiknya kamu menghindari konsumsi jahe. Antikoagulan, beta-blocker atau obat insulin bisa sangat berbahaya bila dicampur dengan jahe. Alasan utamanya adalah karena jahe dapat menurunkan tekanan darah dan menstimulasi penipisan darah yang dapat menyebabkan berkurangnya efek dari obat.

Untuk wanita hamil di haruskan berkonsultasi dengan ahli kesehatan terlebih dahulu sebelum menggunakan jahe. Selain itu, hindari minum teh jahe terutama di trimester terakhir karena ada peningkatan risiko pendarahan.

Selain itu, jahe juga mencegah penyerapan vitamin yang larut dalam lemak dan zat besi. Meski berbahaya, akar jahe dipercaya dapat mencegah mual di pagi hari saat kehamilan atau morning sickness.

Sebuah studi ilmiah di China, tentang efek gingerol pada pertumbuhan rambut menemukan bahwa kandungan dalam jahe menghambat pertumbuhan rambut. Jika kamu sedang menumbuhkan rambut panjang atau mengalami kebotakan, mungkin harus menghindari mengonsumsi teh jahe dalam jumlah banyak.

Artikel Terkait

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *