Berbagai Macam Jenis Sabun Mandi

 Berbagai Macam Jenis Sabun Mandi

kitapastibisa.id – Berbagai Macam Jenis Sabun Mandi

Perawatan kulit tubuh kini semakin beragam, dapat dilihat dari banyak jenis sabun mandi yang tersedia dipasaran. Dengan banyaknya jenis sabun yang tersedia, kandang membuat bingung saat harus menentukan jenis sabun mandi yang dibutuhkan. Pasalnya setiap sabun mandi memiliki fungsi sama, yakni untuk membersihkan tubuh dari kotoran, kuman, dan bakteri serta merawat kesehatan kulit.

Sabun mandi pun punya macam-macam jenis yang dibedakan berdasarkan tekstur dan kegunaan utamanya buat tubuh. Sebelum memutuskan jenis sabun apa yang tepat untuk dipakai, ada baiknya kenali dulu macam-macam sabun mandi, agar bisa disesuaikan dengan  kebutuhan kulit.

Baca Juga: Ngabuburit Di Rumah Saat Karantina

  1. Sabun Mandi Batang

Dikenal sebagai pembersih tubuh paling lama dan kemungkinan paling pertama diciptakan manusia. Umumnya sabun ini berbentuk kotak atau bulat padat dengan harganya yang ekonomis. Sabun batang biasanya mengandung sodium hydroxide yang diperlukan untuk mengubah lemak nabati atau hewani cair menjadi sabun keras. Kandungan inilah yang membuat kulit menjadi kering. Namun sekarang sudah ada sabun batang yang memiliki pelembap alami sehingga kulit tidak lagi kering, seperti kandungan minyak esensial atau madu.  Sabun ini bisa digunakan untuk segala jenis kulit dan kebutuhan, Anda bisa menemukan sabun batang dengan tambahan pewangi alami, fungsi anti bakteri, maupun dengan scrub.

  1. Sabun Cair

Jenis sabun juga umum ditemukan dan cukup populer karena lebih mudah digunakan. Sabun cair biasanya memiliki kandungan pelembap sehingga cocok untuk kulit kering. Ada juga sabun cair yang mampu mengangkat sel-sel kulit mati karena memiliki scrub di dalamnya. Kelebihan lainnya, sabun jenis ini juga lebih higienis dan tetap praktis, karena bisa Anda bawa saat bepergian.

  1. Sabun Gel

Tekstur sabun mandi gel yang lebih kental yang diformulasikan khusus untuk kelembapan sehingga aman pada semua jenis kulit. Sabun ini memiliki tekstur dan konsistensi  yang lebih ringan. Karenanya sangat cocok digunakan orang-orang yang tinggal di daerah hangat dan tropis seperti Indonesia. Tekstur gel yang ringan lebih ramah di kulit orang-orang tropis yang mudah berkeringat. Jenis ini biasanya memiliki aroma lebih harum juga tahan lama dan lembut di kulit sehingga Anda bisa manfaatkan aroma sabun mandi gel sebagai wewangian tambahan.

  1. Sabun Cream

Jenis sabun ini memiliki tekstur dan konsistensi yang lebih solid, serta kandungannya pun bebas dari deterjen. Sabun ini cocok bagi  kulit kering, karena dapat merawat kelembutan alami kulit karena diperkaya berbagai formula pelembap seperti amolient oil. Ketika Anda membilasnya pun sabun ini tidak akan meninggalkan rasa kesat pada kulit. Untuk memaksimalkan efeknya, gunakan shower cream dengan gerakan memijat.

  1. Sabun Minyak

Sabun ini diformulasikan untuk pemilik kulit sensitif dengan  bahan-bahan deterjen. Kandungan minyaknya lebih banyak sehingga memiliki tekstur yang kental namun tidak lengket di kulit. Dengan kadar pH yang netral dan formula moisturizernya bisa menjadi terapi yang bagus dan aman digunakan pada pemilik kulit sensitif, maupun kasar dan kering.

  1. Sabun Scrub

Sabun mandi dengan scrub dapat memaksimalkan perawatan kulit dengan mengangkat sel kulit mati sehingga kulit terasa lebih halus dan bercahaya. Jenis sabun ini bisa digunakan langsung sebagai pembersih tubuh. Gunakan dengan gerakan melingkar sambil memijat tubuh dengan lembut untuk membantu melancarkan peredaran darah. Selain untuk eksfoliasi, scrub juga diperkaya bahan moisturizing yang membuat kulit tidak akan terasa kering setelah mandi. Pembersih tubuh ini bisa digunakan untuk jenis kulit apa pun.

Baca Juga  4 Jenis Sayuran Yang Bisa Dipanen Dalam 30 hari

Artikel Terkait

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *