Berbagai Jenis dan Manfaat Vitamin B Kompleks

 Berbagai Jenis dan Manfaat Vitamin B Kompleks

Kitapastibisa.id – Berbagai Jenis dan Manfaat Vitamin B Kompleks – Times

Berbagai Jenis dan Manfaat Vitamin B Kompleks – Vitamin B tidak hanya ada satu jenis, tetapi ada delapan vitamin berbeda. Vitamin B berperan untuk memastikan sel-sel tubuh berfungsi dengan baik. Kedelapan jenis vitamin tersebut disebut dengan vitamin B kompleks. Mereka membantu tubuh mengubah makanan menjadi energi (metabolisme), membuat sel darah baru, dan memelihara sel-sel kulit yang sehat, sel-sel otak, dan jaringan lainnya.

Baca Juga: Ajun Perwira Tak Akan Terima Warisan dari Jennifer Jill

Beragam manfaat vitamin B bagi kesehatan tubuh.

Berbagai Jenis dan Manfaat Vitamin B Kompleks
Kitapastibisa.id – Berbagai Jenis dan Manfaat Vitamin B Kompleks – Alodokter
  1. Vitamin B1

Pertama ada Vitamin B1 yang membuat tubuh dapat mengolah energi. vitamin B1 atau thiamin, membantu mencegah komplikasi pada sistem saraf, otak, oto, jantung, perut, dan usus. Vitamin ini juga membantu mencegah penyakit seperti beri-beri, yang melibatkan gangguan jantung, saraf, dan sistem pencernaan. Kandungan vitamin B1 dqapat ditemukan dalam daging sapi, telur, kan=cang-kacangan, biji-bijian, jeruk, kembang kol, dan kangkung.

  1. Vitamin B2

Kemudian ada Vitamin B2 membantu memecah protein, lemak, dan karbohidrat. Sangat penting untuk memecah komponen makanan, penyerapan nutrisi, dan memelihara jaringan. Kekurangan vitamin B2 dapat menyebabkan sariawan dan keluhan lainnya pada area mulut. Vitamin ini dapat ditemukan dalam berbagai bahan pangan seperti daging, ikan, produk susus, telur, alpukat, jamur, dll.

  1. Vitamin B3

Peran dari Vitamin B3 adalah untuk mengubah makanan menjadi energi. hal ini membantu tubuh untuk menggunakan protein dan lemak, menjaga kulit, rambut, dan saraf tetap sehat. Manfaat lain dari vitamin B3 adalah dapat menjadi penurun kolesterol, antioksidan, dan sifat anti-inflamasi. Seseorang yang kekurangan vitamin B3 dapat mengalami ruam berpigmen pada kulit yang terkena sinar matahari, kulit kasar, lidah merah cerah. Kelelahan, muntah, semelit, dan diare.

  1. Vitamin B5

Fungsi penting dari Vitamin B5 adalah membantu menghasilkan energi dengan memecah lemak dan karbohidrat. Selain itu, juga dapat merangsang kulit, rambut, mata, dan hati yang sehat. Vitamin B5 memiliki fungsi penting yakni mengubah makanan menjadi glukosa, mensintesis kolesterol, membentuk hormon seks dan terkait stress, serta membentuk sel darah merah.

  1. Vitamin B6

Selanjutnya ada Vitamin B6 yang bermanfaat bagi sistem saraf pusat. Yang mana terlibat dalam produksi neurotransmitter serotinin dan norepinefrin, dan mielin. Namun, Vitamin B6 ini tidak disimpan oleh tubuh, dan diekskresikan dalam urin, sehingga orang perlu mengonsumsi Vitamin B6 setiap hari. Vitamin B6 dapat membantu meningkatkan kinerja otak.

  1. Vitamin B7

Adalah vitamin yang larut dalam air yang membantu tubuh memetabolisme lemak, karbohidrat, dan protein. Vitamin B7 tidak dapat disintesis oleh sel-sel manusia, tetapi diproduksi oleh bakteri dalam tubuh, dan hadir dalam berbagai makanan. Kekurangan vitamin ini dapat menyebabkan rambut rontok dan masalah kulit. Sumber makanan yang mengandung B7 antara lain daging merah, telur, biji-bijian, dan kacang-kacangan.

  1. Vitamin B9

Manfaat Vitamin B9 antara lain mengurangi risiko kelainan bawaan, risiko depresi lebih rendah, serta menjaga  kesehatan jantung. Folat adalah salah satu vitamin B yang penting untuk pembentukan sel darah merah dan putih dalam sumsum tulang. Berbagai jenis makanan seperti sayuran, kacang-kacangan, telur, dan buah mengandung Vitamin B9.

  1. Vitamin B12

Vitamin ini penting untuk kesehatan jaringan saraf, fungsi otak, dan produksi sel darah merah. Selain itu, vitamin B12 juga penting untuk fungsi sintesis sel darah merah. Kekurangan vitamin B12 dapat menyebabkan kesulitan neurologis dan anemia. Vitamin B12 dapat ditemukan secara alami dalam produk hewani, seperti ikan, daging, telur, daging unggas, dan produk susu.

Baca Juga  Membenci Diri Sendiri? Bisa Jadi Anda Self-Hatred

Artikel Terkait