Benarkah Memuntahkan Air Minum Mencegah Kelelahan Saat Olahraga?

 Benarkah Memuntahkan Air Minum Mencegah Kelelahan Saat Olahraga?

Kitapastibisa.id – Benarkah Memuntahkan Air Minum Mencegah Kelelahan Saat Olahraga? – Hellosehat

Benarkah Memuntahkan Air Minum Mencegah Kelelahan Saat Olahraga? – Pernahkah Anda melihat seorang pemain sepak bola memuntahkan kembali air yang baru saja ia minum? Menurut sebagian pendapat, trik tersebut menjadi rahasia para atlet agar tidak cepat lelah. Namun, bagaimana faktanya?

Seperti yang dilansir dari New York Times, meludah setelah minum mampu merangsang sensasi ke otak. Teknik ini dikenal dengan nama carb rinsing. Secara alamiah, otak akan mengeluarkan zat dopamin yang mampu membuat tubuh bekerja lebih baik. Dopamin muncul sebab beberapa hal, salah satunya saat menyantap makanan lezat.

Konsep tersebut yang diterapkan dalam carb rinsing. Dengan memuntahkan air setelah berkumur 10 detik, secara tidak langsung telah ‘menipu’ otak agar ia memproduksi zat dopamin. Bagi para atlet, dopamin dapat membuat tubuh bekerja lebih optimal. Hal ini didukung oleh salah satu artikel yang dipublikasikan oleh European Journal of Sport Science. Menurut penelitian mereka, carb rinsing mampu menambah kecepatan lari seseorang.

Air sengaja tidak diminum dalam metode carb rinsing. Alasannya adalah air mampu mengganggu kinerja pencernaan saat olahraga.

Baca Juga  Salah Memilih Foundation, Hati-hati Belang!

Di sisi lain, terdapat pandangan yang berseberangan dengan pendapat tersebut. Penelitian dari Greek and South African scientists, misalnya. Berdasarkan hasil riset mereka, carb rinsing tidak memberikan peningkatan performa olahragawan, terutama stamina.

Bahkan, dalam riset yang dilakukan oleh Medicine & Science in Sports & Exercise pada tahun 2016, carb rinsing justru menurunkan performa. Ini disebabkan otak dan tubuh bekerja dua kali lipat akibat rangsangan tersebut sehingga mengurangi performa atlet.

Baca Juga: Mengahadapi Anak yang Susah Makan

Menanggapi Dua Perbedaan Pendapat

Terdapat dua pandangan yang saling berseberangan, dr Grace Joselini punya pandangan sendiri soal Carb Rinsing. Ia merupakan dokter yang bertanggung jawab atas timnas sepakbola wanita Indonesia di Asian Games tahun 2018. Menurutnya, carb rinsing berlaku sebatas memberikan rangsangan kepada otak. Ia tidak percaya metode tersebut mampu memberikan cadangan energi pada atlet.

“Kalau untuk ibaratnya sensasi ke otak mungkin, tapi tentu tidak menyediakan asupan energi untuk pemain,” ujar Grace seperti dikutip dari detikHealth.

Baca Juga  Menjaga Tubuh Agar Tetap Sehat di Era New Normal

Menurut Grace, sumber asupan cadangan atlet didapat dengan mengonsumsi makanan atau minuman yang mudah diserap tubuh. Ia menyarankan sport drink atau sport bar sebagai penyedia cadangan energi bagi atlet.

“Sports drink atau sports bar yang gampang penyerapannya. Saat pertandingan berlangsung lebih ke sports drink,” imbuhn

Artikel Terkait

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *