Belanja saat Pandemi Covid-19

 Belanja saat Pandemi Covid-19

kitapastibisa.id – Belanja saat Pandemi Covid-19 – Detik Inet

Memenuhi kebutuhan sehari-hari dengan berbelanja memang telah menjadi suatu kewajiban, bahkan ditengah pandemi virus corona. Saat kita semua dianjurkan untuk tetap di rumah saja dan mesti menjaga jarak terlebih dahulu. Namun bagaimana halnya saat stok kebutuhan dirumah sudah mulai menipis, yang mengharuskan kita untuk berbelanja kebutuhan seperti membeli sembako dan kebutuhan sehari-hari. Pergi ke Supermarket dan toko mungkin menjadi salah satu solusinya untuk bisa berbelanja, namun tahukan jika supermarket dan toko juga bisa menjadi salah satu  tempat penyebaran COVID-19. Saran ini dapat menjadi panduan belanja yang aman ditengah wabah virus corona.

Baca Juga: Menstrual Cup, Alternatif Pengganti Pembalut

Beberapa saran yang bisa coba kita ikuti jika harus berbelanja

Sebelum memutuskan untuk pergi berbelanja, sebaiknya Pikirkan baik-baik terlebih dahulu apa saja yang mau dibeli. Ada baiknya jika dalam sekali belanja pikirkan untuk stok barang yang dibutuhkan dalam 1-2 minggu, sehingga nantinya tidak perlu terlalu sering untuk berbelanja keluar.

Sebaiknya lakukan Belanja pada jam-jam sepi. Cobalah mencari tahu kapan toko atau supermarket langganan yang akan anda tuju itu intensitas pembelinya agak sepi, dan belanjalah pada jam tersebut. Janganlah bawa keluarga saat akan pergi berbelanja. Disarankan Anda untuk belanja sendirian. Karena memang sebaiknya anak-anak tetap di rumah saja.

Baca Juga  Sejarah Masjid Yang Pernah Ditutup Karena Wabah

Selain itu, mencoba layanan antar juga bisa menjadi salah satu pilahannya. Layanan pesan antar belanja sangat membantu mengurangi risiko tertular. Kalau memungkinkan di daerah Anda, silakan mencoba aneka aplikasi belanja sembako online atau minimarket yang mempunyai layan antar.

Dan yang terpenting, Jangan pergi belanja kalau punya gejala COVID-19 atau dalam kondisi tubuh yang tidak sehat. Jika punya gejala, Anda harus tetap di rumah. Minta tolong kerabat atau orang lain yang belanja dan taruh belanjaan di depan pintu.

Jika Anda merasa diharuskan untuk keluar berbelanja, maka saat belanja jangan lupa untuk memakai hand sanitizer sebelum masuk toko dan setelah keluar dari toko. Gunakan juga  tisu pembersih untuk membersihkan pegangan troli atau keranjang belanja. Hanya pegang barang yang mau dibeli. Disarankan jangan pegang-pegang barang yang tidak dibeli, termasuk memilih-milih buah. Sebisa mungkin untuk melakukan pembayaran dengan cara non tunai.

Wajib menggunakan  masker, karena saat ini juga hampir semua badan kesehatan sekarang mewajibkan semua orang untuk memakai masker. Terapkan social distancing. Jaga jarak 2 meter dengan orang lain baik saat sedang memilih barang ataupun antri di kasir. Jangan menyentuh wajah, mata, hidung dan mulut dengan tangan yang belum dicuci.

Baca Juga  Beberapa Tips Nyaman Bekerja Dari Rumah Selama Pandemi

Artikel Terkait

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *