Belanja Online Di Tengah Masa Pandemi

 Belanja Online Di Tengah Masa Pandemi

Kitapastibisa.id – Belanja Online Di Tengah Masa Pandemi – Kompasiana

Belanja Online Di Tengah Masa Pandemi – Seiring dengan meningkatnya jumlah terinfeksi virus Covid-19. Pemerintah mulai mengeluarkan himbauan secara resmi, agar masyarakat melakukan Physical Distancing. Yaitu dengan mengurangi aktivitas di luar rumah selama wabah ini masih merajalela.

Orang-orang memilih melakukan berbagai hal secara online, termasuk aktivitas berbelanja. Mulai dari membeli pakaian, perlengkapan rumah tangga, perlengkapan mandi, hingga memesan makanan.

Namun ada bukti virus corona dapat hidup di permukaan tertentu selama berhari-hari. Beberapa bukti juga menunjukkan, bahwa Corona Virus dapat hidup di permukaan, tetapi jumlah mereka bisa bertahan hidup juga tergantung pada bahan gunakan.

Merebaknya pandemi corona memang membuat siapapun khawatir ketika ingin keluar rumah, meskipun hanya sebatas pergi ke minimarket sebelah gang. Maka dari itu, tak heran apabila banyak orang yang menanyakan, kira-kira lebih baik belanja online atau offline, saat ada wabah corona?

Baca Juga: Maya Skolastika, Membangun Semangat Petani Organik

Tips Aman Saat Berbelanja Online Di Masa Pandemi Corona

Hal pertama yang bisa kamu lakukan adalah dengan meminta pengiriman bebas kontak. Caranya adalah dengan meminta kepada pengirim untuk meninggalkan paket di depan pintu agar kamu tidak perlu melakukan interaksi.

Baca Juga  5 Mitos Kesehatan yang Kerap Dipercaya

Tak perlu takut menyinggung perasaan orang lain, karena sebagian besar layanan pengiriman makanan sudah melakukannya. Bahkan, beberapa penyedia layanan juga mulai mengambil tindakan pencegahan dengan tidak meminta tanda tangan saat mengirim paket.

Saat memesan sesuatu secara online, barang yang kamu beli pasti akan dibungkus dengan plastik dan kardus terlebih dahulu. Kamu juga perlu menyemprotkan dan membersihkan isi paket dengan disinfektan terlebih dahulu, baru membawanya masuk ke dalam rumah.

Usai mengeluarkan isi paket, singkirkan segera kemasannya jauh-jauh. Kalau bisa, buanglah kemasan paket keluar rumah atau di tempat sampah luar. Jangan pernah sekali-kali membuangnya di tempat sampah dalam rumah.

Langkah terakhir adalah dengan mencuci tangan setelah menerima dan membuka paket. Kamu mungkin sudah mendengar saran ini berpuluh kali, namun mencuci tangan adalah cara yang paling penting dan utama untuk meminimalisir risiko setelah kamu beraktivitas.

Jangan hanya dengan air mengalir, kamu juga harus mencuci tangan dengan sabun sesuai dengan anjuran yang sudah diberikan oleh pemerintah.

Baca Juga  Menjaga Ruang Kerja Di Rumah Rapi Dan Bersih

Sekali lagi, belanja online adalah pilihan paling tepat dan amat dianjurkan di masa isolasi mandiri saat ini. Selain menjaga diri agar tidak terjangkit virus corona, kita pun ikut membantu para pekerja pesan antar atau delivery dan pengemudi ojek online mendapatkan pemasukan.

Artikel Terkait

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *