Beda Negara, Beda Makanan Pokok

 Beda Negara, Beda Makanan Pokok

kitapastibisa.id – Beda Negara, Beda Makanan Pokok – nationalgeographic

Meski makan mie semangkok besar atau bahkan roti satu loyang, orang Indonesia seringnya merasa belum kenyang. Sebenarnya ini faktor kebiasaan aja loh guys, karena kita terbiasa makan nasi. Padahal di seluruh dunia, makanan pokok orang itu bisa beragam dan berbeda-beda.

Di berbagai belahan dunia, tidak hanya nasi saja yang bisa dijadikan sumber karbohidrat demi pemenuhan energi manusia sehari-hari. Dari 50.000 jenis tanaman yang dapat dimakan, hanya 15 jenis tanaman saja yang dipilih manusia untuk dijadikan bahan pokok. Tentu ada alasan geografis dan alasan lain dibaliknya.

Baca juga: Sri Mulyani, Salah Satu Perempuan Paling Berpengaruh di Dunia

Makanan Pokok di Berbagai Negara

Jika di Indonesia gandum lebih sering digunakan sebagai olahan untuk membuat roti, hal ini menjadi berbeda dengan beberapa negara di dunia. Negara seperti Amerika Serikat, China, Iran, Rusia, dan India diketahui merupakan beberapa negara dengan jumlah konsumsi gandum terbesar di dunia.

Sorgum juga salah satu bahan pokok yang biasanya dikonsumsi masyarakat di hampir seluruh negara-negara di Afrika, seperti Sudan, Maroko, Somalia, Libya, dan Mesir. Selain untuk makanan pokok, Sorgum juga digunakan sebagai bahan baku untuk industri pakan ternak dan penyulingan alkohol.

Baca Juga  Mengenal Makanan Pokok di Indonesia

Makanan pokok di negara-negara kawasan Asia Timur seperti China, Korea Utara, Korea Selatan, Mongolia, dan Jepang. Menjadikan kedelai sebagai salah satu makanan pokok. Di Indonesia, kacang kedelai biasanya digunakan untuk pembuatan tahu, tempe, dan kecap.

Kentang yang termasuk umbi-umbian ini, merupakan makanan pokok di beberapa negara Eropa. Terutama di Spanyol dan Portugal, kawasan Amerika Selatan, dan Amerika Tengah. Selain menjadi makanan pokok, kentang merupakan salah satu komoditas yang populer dijadikan kudapan, seperti kripik dan snack. Dalam seratus gram kentang, setidaknya terdapat 322 kJ energi.

Masyarakat India Selain nasi punya makanan pokok dikenal dengan sebutan roti atau Chappati. Chappati lebih sehat dari nasi karena kandungan energinya lebih tinggi dibandingkan nasi dan  mengandung serat yang sangat tinggi.

Kofte Sebagai makanan pokok Turki, kofte adalah daging cincang berbentuk bola dan bisa disajikan dengan cara direbus, sebagai isi roti lapis, di atas salad, atau polos dengan yogurt. Panganan yang berbahan dasar daging sapi atau bisa juga menggunakan kambing dan ayam ini diolah dengan cara digiling bersama ragam bumbu khas membuat Kofte memiliki rasa gurih yang lezat.

Baca Juga  Konsumsi Coklat Ternyata Baik untuk Kesehatan Tubuh

Nah, Teman-teman, itulah makanan pokok di negara lain. Setiap negara punya makanan pokok yang berbeda-beda. Semua tergantung pada iklim dan keadaan geografisnya. Jadi, jangan heran kalau beberapa negara bisa menanam beras, sedangkan negara yang lain hanya bisa menanam ubi atau gandum.

Artikel Terkait

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *