Beberapa Langkah Merawat Tanaman Hias

 Beberapa Langkah Merawat Tanaman Hias

Kitapastibisa.id -Beberapa Langkah Merawat Tanaman Hias – Tokopedia

Beberapa Langkah Merawat Tanaman Hias – Tanaman hias merupakan jenis tanaman yang sering dicari karena bentuknya yang menarik dan memiliki keunikan tersendiri. Tanaman hias selain berfungsi sebagai penghias rumah, ruangan ataupun kebun dan taman, tanaman hias juga digunakan sebagai bahan untuk berbagai macam dekorasi acara.

Untuk anda yang masih bingung dengan perawatan tanaman hias, berikut adalah cara merawat tanaman hias yang sudah kami ulas dengan lebih sederhana agar anda dapat dengan mudah mengikutinya.

Cara- cara agar tanaman hias anda tumbuh dan terawat.

Baca Juga: Penanganan Cedera Saat Berolahraga

Penyiraman Tanaman Hias

Beberapa Langkah Merawat Tanaman Hias
Kitapastibisa.id – Penyiraman Tanaman Hias – Bukalapak

Hal terpenting yang harus anda lakukan dalam merawat tanaman hias yaitu melakukan penyiraman dengan baik. Penyiraman pada tanaman hias berbeda dengan jika anda menyiram tanaman jenis lainnya. Perlu anda ketahui juga bahwa tanaman hias ini lebih cenderung sensitif dan memerlukan cara khusus untuk perawatannya. Setiap tanaman hias memiliki caranya tersendiri dalam penyiraman dan ini harus anda perhatikan dengan baik.

Baca Juga  Bahaya Membaca Di Tempat Gelap  

Untuk lebih jelas dan memudahkan anda, berikut adalah langkah tepat dalam melakukan penyiraman pada tanaman hias :

  • Perhatikanlah jenis tanaman hias apa yang anda miliki, apakah itu termasuk jenis tanaman hias yang harus disiram setiap saat ataukah tidak.
  • Jika tanaman hias anda cenderung tidak suka air seperti jenis tanaman kaktus ataupun violces yang dapat mati jika disiram air terlalu banyak, maka anda tidak perlu melakukan penyiraman setiap hari.
  • Anda hanya perlu melakukan penyiraman pada saat tanah tanaman hias sudah mulai mongering.
  • Hindari penyiraman tanaman hias pada siang hari, ini akan mengganggu proses fotosintetis pada tanaman.
  • Untuk tanaman hias berukuran kecil dan dalam pot, anda sebaiknya menggunakan metode spray untuk penyiraman. Sedangkan untuk tanaman hias yang berukuran besar, dapat menyiramnya menggunakan alat penyiram biasa seperti slang ataupun teko penyiram.

Kelembaban Tanaman Hias

Untuk mengetahui apakah tingkat kelembaban pada tanaman hias anda telah cukup. Perlu memperhatikan warna serta tekstur yang ada pada tanaman hias anda. Jika anda melihat daun yang agak layu dengan warna kecoklatan ataupun kekuninga. Artinya tingkat kelembaban udara dan tanah pada tanaman hias anda tidak mencukupi.

Baca Juga  Memilih Peralatan Makan Berbahan Dasar Keramik

Adapun tips agar tanaman hias anda memperoleh kelembaban yang cukup :

  • Perhatikanlah kondisi udara sekitar tanaman apabila kondisinya sedikit panas dan kering maka anda dapat memindahkannya ke tempat yang lebih sejuk seperti di dalam ruangan.
  • Namun apabila kondisi sekitar terlalu sejuk dan lembab maka anda dapat memindahkan tanaman pada ruang terbuka seperti taman ataupun kebun.
  • Perhatikan pula tanah lahan tanam. Apabila tanah kering dan terlihat pecah-pecah maka anda perlu menyiramnya dan menggemburkannya. Supaya tanah subur kembali dan kelembabannya terjaga.

Penyiangan dan Kebersihan Tanaman Hias

Beberapa Langkah Merawat Tanaman Hias
Kitapastibisa.id – Penyiangan dan Kebersihan Tanaman Hias – Medium

Untuk penyiangan yang dilakukan pada tanaman hias berbeda dengan penyiangan yang anda lakukan jika menanam tanaman jenis lain. Untuk itu berikut adalah penjelasan mengenai langkah penyiangan dan kebersihan cara merawat tanaman hias tanaman hias :

  • Penyiangan pada tanaman hias harus dilakukan setiap saat ketika ada daun tanaman yang sudah mulai layu dan menguning.
  • Anda dianjurkan untuk sesering mungkin memperhatikan tanaman hias anda. Perhatikanlah di sekitar lahan tanam ataupun tanah pada pot. Cabutlah rumput liar ataupun gulma yang tumbuh di tanah tanaman hias anda.
  • Untuk mencabutnya usahakan agar pencabutan tidak merusah tanaman.
Baca Juga  Pendidikan Kontekstual Bagi Anak-Anak Papua

Artikel Terkait

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *