Beberapa Langkah Menjaga Kesehatan Mata

 Beberapa Langkah Menjaga Kesehatan Mata

Kitapastibisa.id – Beberapa Langkah Menjaga Kesehatan Mata – Kompas

Beberapa Langkah Menjaga Kesehatan Mata – Mata merupakan salah satu indera terpenting bagi kita. Sehingga guna menjaga kesehatan pengelihatan kita, kita perlu benar-benar memberikan perhatian khusus untuk tetap bisa menjaga kesehatannya. Ada banyak sekali hal atau kebiasaan yang ternyata dapat merusak kesehatan mata kita lho. Sering bukan kamu menemui seseorang yang sangat bergantung pada kacamata. Hal ini tentu saja bisa disebabkan oleh bermacam faktor, bisa merupakan turunan, atau sesuatu yang disebabkan karena kebiasaan kita yang salah.

Baca Juga: Tips Gerakan Yoga Ringan Ketika di Kantor

Beberapa Langkah Menjaga Kesehatan Mata
Kitapastibisa.id – Beberapa Langkah Menjaga Kesehatan Mata – Okezone
  1. Tidak terlalu lama berhadapan dengan layar elektronik

Dengan banyaknya perangkat canggih dan kemajuan teknologi seperti saat ini, kehadiran berbagai peranti tentu saja secara tidak langsung memaksa kita berhadapan dengan layar elektronik dengan intensitas yang cukup tinggi. Menatap layar  komputer atau smartphone terlalu lama dapat menyebabkan mata lelah dan berair. Gejalanya dapat berupa sakit kepala, nyeri leher, sakit pada bahu dan punggung, mata kering dan tegang, sulit fokus menatap kejauhan, dan pandangan menjadi kabur. Jika kita juga seorang yang bekerja dengan komputer sepanjang hari, tiap 20 menit alihkan pandangan mata sejauh 6 meter selama 20 detik, untuk mengurangi ketegangan pada mata. Atau bisa juga mengistirahatkan mata selama 15 menit tiap 2 jam sekali. Jika mata Anda terasa kering, seringlah mengedipkan mata. Hal ini guna menjaga kesehatan mata kita akibat dari terpapar cahaya elektronik yang sangat tinggi dan intens.

  1. Melakukan pemeriksaan ke dokter

Secara rutin suka atau tidak, kita perlu melakukan pemeriksaan rutin ke dokter. Hal ini guna mengetahui bagaimana kondisi pengelihatan kita dari waktu ke waktu, sehingga jika terjadi sesuatu hal yang tidak sesuai kita bisa dengan cepat mengambil tindakan atas hal tersebut. Mulai dari anak-anak hingga usia lanjut, sebaiknya memeriksakan mata ke dokter spesialis mata setidaknya 2 tahun sekali. Rutin memeriksakan mata dapat mendeteksi masalah pada mata akibat penyakit tertentu. Seperti diabetes dan tekanan darah tinggi.

Baca Juga  Menjaga Ruang Kerja Di Rumah Rapi Dan Bersih

Orang dewasa yang sudah berumur lebih dari 40 tahun bahkan disarankan untuk memeriksakan mata setahun sekali. Ini berguna untuk mencegah penyakit mata yang berkaitan dengan bertambahnya usia, seperti degenerasi makula, glaukoma, dan katarak. Sedangkan pemeriksaan mata bagi anak-anak setidaknya dua tahun sekali. Untuk mendeteksi masalah penglihatan yang mungkin dapat memengaruhi kemampuan belajarnya. Anak-anak tidak perlu harus sudah bisa membaca untuk melakukan pemeriksaan mata.

  1. Konsumsi makanan bergizi

Makanan tentu saja menjadi salah satu faktor yang sangat menentukan dalam upaya menjaga kesehatan tubuh kita. Indera pada tubuh pasti juga membutuhkan asupan vitamin dan nutrisi yang beraneka ragam melalui makanan yang kita konsumsi sehari-hari. Salah satu yang paling baik ialah wortel. Wortel sarat akan beta karoten yang sangat membantu dalam menjaga kesehatan mata. Karena beta karoten merupakan antioksidan yang dapat mengurangi risiko degenerasi makula.

Artikel Terkait