Baverly Mangge, Perjuang Pendidikan di Tanah Papua

 Baverly Mangge, Perjuang Pendidikan di Tanah Papua

Kitapastibisa.id – Baverly Mangge, Perjuang Pendidikan di Tanah Papua – NewsPapua

Baverly Mangge, Perjuang Pendidikan di Tanah Papua – Mengukur kualitas hidup dan kemajuan suatu daerah bisa dilihat dari Pemerataan Pendidikannya. Hal seperti inilah yang perlu dilakukan untuk memajukan pembangunan pendidikan di Papua. Yang mana tidak bisa disamakan dengan daerah lain. Sebab Masalah Pendidikan masih menjadi salah satu masalah besar di Papua. Hal inilah yang mendorong seorangBaverly Mangge, perempuan yang berjuang untuk membangun pendidikan berkualitas di Papua.

Pada tahun 2015, Perempuan yang akrab disapa Bevy ini, mulai mendirikan LKP Bina Bangsa. Lembaga yang bergerak menyiapkan guru-guru masyarakat lokal lewat Program Kompetensi Mengajar.  Tujuan utamanya adalah melatih, mengembangkan dan menyiapkan serta membekali masyarakat lokal tentang dasar-dasar ilmu mengajar. Lewat metode yang sederhana menyesuaikan dengan kearifan budaya setempat dan mengacu pada kurikulum nasional.

Dilatar belakangi oleh pengalaman pribadinya yang melihat perbedaan pendidikan di Jakarta dan Papua yang sangat berbeda jauh. Membuatnya memutuskan untuk pulang ke Papua untuk berbuat sesuatu bagi masyarakatnya ketika pulang kampung ke Papua dalam dunia pendidikan. Di tengah keterbatasan finansial dan kesulitan alam Papua, Bevy mengambil keputusan untuk mengabdi pada Tanah Papua.

Baca Juga  Menempuh Pendidikan Dengan Pakaian Lusuh

Baverly Mangge memutuskan untuk mengabdikan dirinya membantu orang lokal setempat dan juga pemerintah daerah. Kreativitasnya dalam mengkolaborasi sistem pengajaran berbasis kurikulum nasional dengan pelatihan mengajar berbasis pada kultur setempat serta tingkat kebutuhan utama dari situasi dan kondisi daerah. Hal ini didorong karena kendala dilapangan seperti kebanyakan guru kontrak tidak bisa bertahan lama dan terbatas pada sosialisasi dengan masyarakat setempat. Menggerakkannya untuk menyiapkan orang lokal menjadi guru di kampung sendiri dengan kondisi keterbatasan apapun.

Baca Juga: Tips Produktif bagi Fresh Graduate

Diikuti banyak peserta dari berbagai Daerah di Papua

Baverly Mangge, Perjuang Pendidikan di Tanah Papua
Kitapastibisa.id – Baverly Mangge, Perjuang Pendidikan di Tanah Papua – dharapospapua

Dilansir dari Suarapapua.com, Saat ini Baverly Mangge bersama peserta pendidikan pelatihan dasar mengajar, telah diikuti oleh peserta pendidikan pelatihan dasar mengajar yang berjumlah 2000 lebih. Dimana para perserta tersebut berasal dari berbagai kabupaten yang telah dilayani yaitu kabupaten Kepulauan Yapen, Biak Numfor, Waropen, Supiori, Kabupaten Jayapura, Kota Jayapura, Kabupaten Yalimo, Pegunungan Bintang, Kerom dan Sarmi di Papua. Serta Kabupaten Fakfak, Kaimana dan Sorong di Papua Barat dan masih terus bertambah lagi daerah lain.

Baca Juga  Diplomat Asal Papua yang Cemerlang

Dengan semangat untuk bisa mengejar ketertinggalan kualitas pendidikan masyarakat di Papua. Membuat Bevy terus membangun terus komunikasi dan kerjasama yang sinergis dengan berbagai pihak. Mulai dari pemerintah pusat, pemerintah provinsi, pemerintah daerah sampai dengan pihak swasta. Demi tercapainya solusi terkait persoalan kemajuan pendidikan di Papua yang menjadi tanggung jawab.

Komitmen Bevy dalam mengkontribusikan waktu dan energinya demi Pendidikan Papua mengharuskannya berhadapan dengan wilayah Papua yang terkenal ekstrim. Dimana dalam menjalankan kegiatannya ia harus rela menyebrangi sungai maupun danau, melewati badai di laut sampai terbatasnya akses trasportasi. Namun hal itu tidak mengecilkan niatnya, malah menjadi sebuah kenikmatan tersendiri baginya untuk nisa berkontribusi bagi Tanah Kelahirannya ini.

Artikel Terkait

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *