Bahaya Terlalu Sering Konsumsi Makanan Instan

 Bahaya Terlalu Sering Konsumsi Makanan Instan

Kitapastibisa.id – Bahaya Terlalu Sering Konsumsi Makanan Instan – Bukalapak

Bahaya Terlalu Sering Konsumsi Makanan Instan – Pandemi Covid-19 yang berlangsung selama berminggu-minggu telah mempengaruhi cara manusia membeli dan mengonsumsi makanan. Peralihan ke makanan beku dan kaleng terjadi selama masa PSBB karena orang-orang lebih sedikit melakukan perjalanan untuk berbelanja. Banyak orang lebih suka memesan makanan siap saji atau junk food dari restoran melalui layanan pesan antar karena lebih praktis. Namun makanan tersebut cenderung tinggi kalori, banyak mengandung gula, garam, lemak trans, lemak jenuh, dan bahan pengawet.

Mengonsumsi junk food terlalu sering dapat menambah berat badan dengan cepat dan rentan mengalami obesitas. Selain itu, kandungan lemak yang tinggi pada makanan siap saji juga dapat menyebabkan peningkatan kolesterol dalam darah. Hal inilah yang turut membuat makanan jenis ini berisiko menyebabkan penyakit jantung dan stroke.

Oleh karena itu konsumsilah makanan yang sehat setiap hari agar tubuh Anda selalu bugar dan terhindar dari beragam penyakit. Makanan siap saji seperti kentang goreng dan pizza, dapat diganti menjadi salad dengan saus rendah lemak atau dengan semangkuk buah segar. Jika ingin makan hamburger, mintalah kepada pelayan untuk menambahkan tomat dan bawang, serta mengurangi takaran keju dan sausnya.

Baca Juga  Melindungi Diri dari Covid-19 Di Tempat Kerja

Baca Juga: Zendaya akan Berperan Sebagai Ronnie Spector

Ketahuilah Berapa Kalori dari Makanan Siap Saji

Bahaya Terlalu Sering Konsumsi Makanan Instan
Kitapastibisa.id – Bahaya Terlalu Sering Konsumsi Makanan Instan – Ayosemarang

Makanan berkalori tinggi memang baik sebagai sumber energi tubuh. Namun, mengonsumsinya secara berlebihan atau mengolahnya dengan cara yang tidak sehat bisa menimbulkan gangguan kesehatan. Karena itu disarankan untuk menghitung dan memperkirakan kalori yang kamu butuhkan. Ketahui berapa kalori yang terkandung pada makanan yang akan dikonsumsi.

Banyak yang mengira bahwa ayam goreng terlihat cukup sehat bagi tubuh, namun ketahuilah makanan tersebut merupakan sumber kolesterol dan lemak. Empat potong ayam goreng mengandung 920 kalori, 63 gram lemak dan 350 mg kolesterol. Dada ayam goreng tanpa kulit adalah bagian daging ayam yang paling bergizi.

Kue keju banyak mengandung kalori dan asupan lemak dengan rincian 860 kalori, 57 gram lemak, dan 80 gram karbohidrat per irisan. Jika tetap ingin mencicipinya pilihlah kue yang polos, yang memiliki kandungan 315 kalori, 20 gram lemak, dan 25 gram karbohidrat.

Burger besar mengandung 540 kalori, 29 gram lemak, dan 1040 mg natrium. Bahkan hamburger kecil buatan sendiri pun bisa mengandung lemak 14,8 gram dengan lemak jenuh 5,6 gram, dan 76 mg kolesterol.

Baca Juga  Waktu Yang Tepat Untuk Konsumsi Buah

Sepotong irisan pizza mengandung 9,8 gram lemak dengan 4,4 gram lemak jenuh, dan 551mg natrium. Apalagi biasanya Anda pasti masih merasa kurang jika hanya makan satu iris pizza. Cobalah untuk mengganti adonan dari tepung gandum utuh (whole wheat), lalu tambahkan saus dan keju rendah lemak untuk menciptakan alternatif yang sehat untuk seluruh keluarga.

Artikel Terkait