Bahaya Membaca Di Tempat Gelap  

 Bahaya Membaca Di Tempat Gelap   

Kitapastibisa,id – Bahaya Membaca Di Tempat Gelap – Beritalive

Bahaya Membaca Di Tempat Gelap – Membaca adalah salah satu kebiasaan yang dapat membuat otak manusia bekerja dengan lebih baik. Itulah sebabnya membaca merupakan salah satu aktivitas yang diperkenalkan kepada semua orang tanpa batasan usia. Saat menjalankan aktifitas membaca pastinya kita sering mendengar larangan untuk membaca di tempat gelap, dan sebisa mungkin disarankan untuk membaca di tempat dengan penerangan yang memadai.

Larangan ini tentunya mempunyai alasan yang logis, kenapa kita tidak disarankan untuk membaca dalam tempat yang gelap. Alasan pertama yaitu tidak baik bagi kesehatan mata, sebab dengan membaca di tempat yang gelap atau remang-remang akan membuat otot mata menjadi lebih tegang. Kurangnya pencahayaan membuat mata bekerja lebih keras agar bisa fokus. Mata akan menyesuaikan keadaan gelap dan sekaligus fokus pada tulisan yang kita baca. Hal itu membuat mata harus bekerja lebih keras.

Baca Juga: Manfaat Dari Menulis Jurnal Harian

Membuat Kemampuan Mengingat Menurun

Membaca di ruangan yang gelap bisa membuat kemampuan mengingat kita menjadi menurun. Sebab dari Cahaya yang redup bisa membuat zat neutropika berkurang. Zat neutropika sendiri merupakan zat yang berasal dari otak yang membantu menjaga neuron di hippocampus, bagian otak untuk mengingat. Kalau zat ini berkurang, memori dan ingatan kita juga akan berkurang.

Baca Juga  Suami Ideal dalam Pandangan Islam

Perlu diketahui bahwa membaca di tempat dengan cahaya redup akan membuat mata sulit fokus. Dampaknya mata harus bekerja keras agar objek yang dilihat menjadi lebih jelas. Apabila mata bekerja keras dalam waktu yang cukup lama, maka ototnya akan cepat lelah. Sejumlah efek yang kurang baik akan dirasakan seperti mata terasa perih dan gatal, sakit kepala, serta nyeri leher. Dampak jangka panjangnya adalah rabun jauh dan butuh kaca mata untuk bisa melihat dengan jelas. Kondisi di atas perlu diantisipasi, untuk tetap menjaga kondisi mata yang prima.

Kalau kita tidak mau terjadi hal-hal buruk hal yang bisa dilakukan adalah mulai untuk membaca di tempat yang cahayanya baik, tidak terlalu gelap dan tidak terlalu silau. Pastikan bahwa ruang tempat membaca cukup terang, serta jangan membiasakan untuk membaca sambil berbaring. Kalau masih ingin membaca sebelum tidur, maka lampunya jangan dimatikan dulu. Selain itu, kedipkan juga mata kita, jangan terlalu fokus melihat pada suatu hal sehingga lupa berkedip. Satu lagi cara yang mudah adalah istirahatkan mata selama 10 menit setiap 1 jam kita menatap buku atau layar gadget dan komputer.

Baca Juga  Meski Berumur 101 Tahun, Mereka Selamat dari Covid-19

Artikel Terkait

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *