Bahaya Memakai Kosmetik Kedaluwarsa

 Bahaya Memakai Kosmetik Kedaluwarsa

Kitapastibisa.id – Bahaya Memakai Kosmetik Kedaluwarsa – Detik

Bahaya Memakai Kosmetik Kedaluwarsa- Menggunakan makeup adalah salah satu penunjang penampilan bagi wanita. Namun terkadang lupa untuk memantau tanggal kedaluwarsa dari setiap produk kosmetik yang kamu gunakan. Walau terkadang masih ada saja yang nekat tetap menggunakan kosmetik yang mereka miliki walaupun telah lewat masanya. Hal ini terjadi karena beberapa alasan seperti untuk menghemat pengeluaran, dan sebagainya.

Salah satu ciri make up yang sudah kedaluwarsa adalah dari bau dan warnanya yang sudah mulai berubah. Menggunakan kosmetik kedaluwarsa dapat membahayakan kesehatan kulit, mulai dari gatal, iritasi, infeksi, hingga kanker kulit. Selain itu, kita juga harus memperhatikan alat tata riasnya juga. Karena jika dibiarkan kotor bisa menjadi penyebab berkembang biaknya mikroorganisme berbahaya.

Menurut penelitian Debenhams, sekitar 89 persen perempuan tidak tahu mengenai informasi yang terkandung dalam make upnya. Sebanyak 68 persen perempuan mengaku mengganti kosmetik jika sudah kehabisan dan tak peduli dengan masa kadaluarsanya. Apabila kamu mengalami iritasi pada kulit atau matamu menunjukkan gejala gatal-gatal dan kemerahan karena produk makeup, segera hubungi dokter terkait.

Baca Juga  Zendaya akan Berperan Sebagai Ronnie Spector

Baca Juga: Kisah Inspiratif Sang Pengacara Kondang Hotman Paris

Cara Mendaur Ulang Kembali Kosmetik Kadaluarsa

Bahaya Memakai Kosmetik Kedaluwarsa
Kitapastibisa.id – Bahaya Memakai Kosmetik Kedaluwarsa – Halodoc

Punya Kosmetik kedaluwarsa, jangan langsung membuangnya karena ternyata bisa didaur ulang kembali dengan penggunaan yang berbeda. Seperti cleansing oil dapat kamu campurkan  dengan gula, aduk hingga membentuk scrub. Lalu kamu bisa mengoleskannya pada siku, lutut dan permukaan kulitmu untuk melembutkan dan membuang kulit mati. Cleansing oil juga bisa kamu oleskan pada furniture kayu agar menjadi glossy.

Eyeshadow dapat kamu daur ulang menjadi kuteks dengan cara mencampurnya dengan top coat (kuteks bening). Kreasikan perpaduan warna eyeshadow untuk menciptakan warna baru yang kamu inginkan. Jika sudah, sapukan kuteks baru kamu ke kuku untuk tampilan kuku yang cantik dan berwarna.

Maskara yang sudah kedaluwarsa atau mengering memang nggak boleh digunakan lagi karena akan menyebabkan mata iritasi. Bersihkan saja brush maskara untuk merapikan alis atau merapikan gumpalan bulu mata. Bisa juga untuk membersihkan kotoran pada sela-sela sisir atau jadikan sikat untuk mengaplikasikan lip scrub agar lebih optimal mengangkat sel kulit mati.

Baca Juga  Ngertakeun Bumi Lamba Tradisi Sunda Bersenyawa dengan Bumi

Eyeliner kedaluwarsa juga bisa manfaatkan kembali sebagai cat lukis untuk menghias pigura, prakarya lain, atau buat kamu yang hobi banget dengan face painting kamu bisa memanfaatkannya untuk menggambar fitur-fitur di wajah.

Kosmetik berbentuk tabur maupun padat seperti bronzer dan blush on juga bisa kamu manfaatkan ulang untuk membuat sebuah kerajinan tangan. Kamu bisa mencairkannya dengan alkohol lalu jadikan sebagai semacam tinta untuk menghias barang-barang kerajinan tangan kamu.

Artikel Terkait