Bahaya Memakai High Heels Terlalu Sering

 Bahaya Memakai High Heels Terlalu Sering

Kitapastibisa.id – Bahaya Memakai High Heels Terlalu Sering – Catatanmini

High heels memang diketahui dapat menunjang penampilan wanita. Bahkan tidak dipungkiri bahwa penggunaannya dapat membuat kaki terlihat jenjang.  Sehingga penampilan akan terlihat lebih langsing. Biasanya, perempuan akan lebih percaya diri dengan tubuh yang tinggi semampai. Maka,  banyak wanita memakai high heels untuk dipakai sehari-hari. Hampir semua model juga selalu menggunakannya untuk menunjang pekerjaannya.

Tapi, nyatanya banyak efek samping yang akan kamu rasakan jika terlalu sering menggunakan high heels. Pemakaian yang terlalu sering dan dalam waktu lama ternyata akan memicu masalah pada otot tubuhmu. Hal itu dikarenakan keadaan tubuh kamu yang tidak seimbang.

Baca Juga: Tips Cara Merawat Rambut Rusak

Dampak Buruk Bagi Sendi

Dampak buruk memakai high heels bagi kesehatan yang pertama adalah nyeri sendi. Nyeri sendi kerap dirasakan bagi penggunanya terlebih pada area kaki dan punggung. Sehingga akan berisiko mengalami hallux valgus atau penonjolan tulang ibu jari. Gangguan ini akan menyebabkan rasa nyeri, kemerahan, dan lecet pada penonjolan tulang, khususnya saat memakai sepatu.

Baca Juga  Beberapa Langkah Merawat Tanaman Hias

Menyebabkan tulang belakang bergerak secara tidak wajar dan penekanan pada otot daerah lumbar. Kondisi ini akan menyebabkan timbulnya rasa sakit, mati rasa, sakit pada punggung bagian bawah, dan kesemutan ketika menggunakannya. Tumpuan yang salah ketika menggunakan high heels akan menyebabkan berat badan lebih tertumpu pada bagian tengah lutut. Kondisi ini dapat menyebabkan peningkatan risiko cedera lutut.

Penggunaan Sepatu ini juga dapat membuat pergerakan kaki menjadi terbatas. Hal ini dapat membatasi sirkulasi darah pada anggota tubuh bagian bawah. Karena efisiensi aliran darah terganggu, maka dapat terjadi pelebaran pembuluh darah vena pada tungkai yang dikenal dengan varises. Dalam jangka panjang, varises dapat menyebabkan pembengkakan dan rasa nyeri pada kaki yang terkena.

Jika kaki kamu berada pada posisi menukik ketika memakai high heels. Jepitan sepatu high heels biasanya berakhir dengan meninggalkan rasa sakit pada kaki. Tekanan pada kaki pun akan intens dan tidak terkendali. Kondisi ini dapat membuat proses berjalan menjadi sangat tidak nyaman bagi beberapa perempuan. Kecenderungan kehilangan keseimbangan bahkan risiko jatuh. Kaki kamu juga berisiko keseleo pada area pergelangan kaki. Otot dan peradangan tendon juga dapat terjadi.

Baca Juga  Seblak, Jajanan Khas Kota Bandung

Artikel Terkait

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *