Bahaya Dari Mengonsumsi Kopi Setiap Hari

 Bahaya Dari Mengonsumsi Kopi Setiap Hari

Kitapastibisa.id – Bahaya Dari Mengonsumsi Kopi Setiap Hari – Okezone

Bahaya Dari Mengonsumsi Kopi Setiap Hari – Kopi merupakan salah satu minuman yang paling digandrungi masyarakat. Bagaimana tidak? Dikutip dari femina.co.id, jumlah konsumsi kopi meningkat 13.9 persen di tahun 2019. Kisaran angka biji kopi yang dikonsumsi oleh masyarakat sebesar 258.000 ton. Ini pula berkaitan dengan kedai kopi yang menjamur di mana-mana.

Saking populernya, kopi menjadi minuman wajib sebagian orang. Bukan hanya soal rasa, namun khasiatnya mampu meningkatkan performa tubuh agar mampu bekerja secara optimal. Kopi pun menjadi minuman rutin pagi hari.

Berbagai macam manfaat terkandung dalam secangkir kopi. Selain mampu membuat mata ‘melek’, kopi dinilai mampu meningkatkan fungsi otak, mengurangi potensi terkena alzheimer, hingga membakar lemak. Bahkan kopi juga mampu melindungi organ hati dan menurunkan risiko kanker hati.

Namun selain manfaat kopi dalam menjaga kesehatan, kopi pula memiliki risiko. Beberapa risiko kopi muncul manakala seseorang mengonsumsinya dalam kondisi tertentu, terutama jika konsumsi setiap hari. Lantas, apa sajakah bahaya minum kopi?

Baca Juga  Perbedaan Figur Publik, Sosialita, dan Influencer

Baca Juga: Etnomusikolog Menambah Warna Pada Kreatifitas Suara

Bahaya Minum Kopi Setiap Hari

Bahaya utama mengonsumsi kopi setiap hari adalah kecanduan. Ini bukanlah risiko yang remeh-temeh. Jika seseorang sudah kecanduan kopi, maka tubuh akan terbiasa dengan kadar kafein yang tinggi. Jika sudah demikian, seseorang bisa merasa pusing, merasa bingung, atau bahkan mood yang buruk jika tidak mengonsumsi kopi.

1. Masalah kesehatan

Salah satu yang membuat kopi berbahaya adalah pemilihan waktu yang salah untuk megonsumsiya. Meminum kopi  sebelum sarapan berpotensi mengganggu sistem pencernaan. Asam yang terkandung dalam kopi dapat memicu asam lambung yang jika terus menerus terjadi akan melukai lambung. Sedangkan meminum kopi lewat dari jam 2 siang akan berpotensi mengganggu jam istirahat seseorang. Dengan demikian, pilihlah waktu yang tepat untuk minum kopi. Jika pagi hari, maka usahakan sarapan terlebih dahulu. Waktu yang paling baik untuk meminum kopi adalah antara jam 9 hingga jam 12 setelah sarapan.

2. Masalah pada gigi dan gusi

Kopi yang menggunakan gula dan tanin yang asam mampu merusak gigi dan gusi. Ketika meminum kopi setiap hari, maka kedua kandungan itu akan mengikis lapisan enamel gigi secara perlahan. Selain itu, kopi juga mampu membuat gigi berwarna kuning dan menyebabkan plak pada gigi. Bahaya tersebut nampaknya menjadi risiko bagi penikmat kopi. Oleh karenanya, perhatikan kesehatan dan kebersihan gigi selalu.

Baca Juga  Manfaat Vitamin E di Tengah Wabah Corona

3. Risiko terkena serangan jantung

Bahaya yang selanjutnya merupakan hal yang paling kontroversial. Sebab, kopi dipercaya justru dapat mengurangi risiko terkena serangan jantung. Dalam sebuah studi, Kopi dapat meningkatkan risiko serangan jantung jika konsumsi lebih dari dua kali sehari. Selain itu, kondisi ini biasanya terjadi pada orang yang memiliki mutasi genetik yang membuat tubuh sulit mengurai kafein.

Artikel Terkait