Bagaimana Puasa Kita Apabila Lupa Mengucapkan Niat

 Bagaimana Puasa Kita Apabila Lupa Mengucapkan Niat

kitapastibisa.id – Bagaimana Puasa Kita Apabila Lupa Mengucapkan Niat ?

Lupa Niat Puasa – Niat merupakan suatu hal yang krusial dalam melaksanakan hal apa pun. Terlebih hal itu adalah ibadah. Niat menjadi sangat penting dalam membedakan antara adat kebiasaan dengan ibadah. Menahan makan dan minum menurut adatnya biasa disebut diet, namun ketika sudah diniati maka ia akan bernilai ibadah yakni puasa.

Hadis Jika Kita Lupa Niat Puasa

Niat untuk puasa fardlu, harus dilakukan di malam hari mulai dari tenggelamnya matahari sampai sebelum terbitnya fajar.

Sebagaimana riwayat Hafshah bahwasannya Nabi SAW bersabda :

عَنْ حَفْصَةَ أُمِّ الْمُؤْمِنِيْنَ رَضِيَ اللَهُ عَنْهَا أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللَهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ: مَنْ لَمْ يُبَيِّتْ الصِّيَامَ قَبْلَ الْفَجْرِ فَلاَ صِيَامَ لَهُ رَوَاهُ الْخَمْسَةُ

“Barang siapa yang tidak berniat puasa di malam hari sebelum terbitnya fajar, maka tidak ada puasa baginya.”(HR. Abu Daud, at Tirmidzi, an Nasa’i, Ibnu Majah dan Ahmad).

Dalam hadis tersebut, sangat jelas bahwa orang yang tidak niat puasa fardlu di malam harinya puasanya tidak sah.

Baca Juga  Minuman Segar Untuk Berbuka Puasa

Lalu bagaimana jika ada seseorang yang lupa niat di malam harinya, tetapi dia makan sahur, apakah dengan makan sahur tersebut sudah mewakili niatnya?.

Al Alim al Allamah Asy Syekh Zainuddin bin Abdul Aziz al Malibari murid imam ahli fikih Ibnu Hajar al Haitami, telah membahas permasalah ini di dalam kitab Fathul Mu’in. Beliau mengatakan :

ولايجزئ عنها التسحر وان قصد به التقوى على الصوم ولا الامتناع من تناول مفطر خوف الفجر ما لم يخطر بباله الصوم بالصفات التي يجب التعرض لها في النية

Makan sahur tidak cukup sebagai pengganti niat, meskipun ia makan sahur bermaksud agar kuat melaksanakan puasa, hal ini juga tidak mencukupi sebagai pengganti niat selama tidak terbersit (di dalam hatinya) niat puasa dengan sifat-sifat yang wajib disinggung di dalam niat.

Berdasarkan keterangan tersebut, maka sangat jelas bahwa makan sahur belum mewakili niat puasa. Sehingga, puasa yang dilakukan oleh orang yang lupa niat puasa di malam harinya tidak sah.

Baca Juga  Syahrini Kenakan Baju Serupa dengan Melanie Trump

Artikel Terkait

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *