Bagaimana Jika Tidak Sengaja Makan Makanan Berjamur?

 Bagaimana Jika Tidak Sengaja Makan Makanan Berjamur?

Kitapastibisa.id – Bagaimana Jika Tidak Sengaja Makan Makanan Berjamur? – Dictio

Bagaimana Jika Tidak Sengaja Makan Makanan Berjamur? – Pernahkah kamu tanpa sengaja memakan makanan yang telah berjamur? Mungkin sebagain orang pernah melakukan kecerobohan dengan tanpa sengaja makan makanan yang sudah berjamur. Jamur atau jamur mikroskopis, biasanya akan berada pada tanaman, produk hewani hingga pada makanan. Disebabkan karena sporanya terbawa melalui udara, air, atau serangga. Beberapa jenis jamur bisa saja berbahaya, tetapi umumnya tidak berbahaya. Beberapa jenis jamur bahkan bisa dikonsumsi, seperti jamur pada tempe dan beberapa jenis keju yang semua benar-benar aman untuk dimakan.

Faktanya selama daya tahan tubuh kuat, efek yang mungkin ditimbulkan adalah rasa mual atau muntah karena makanan yang buruk. Menurut Rudolph Bedford, MD, ahli gastroenterologi di Pusat Kesehatan Providence Saint John di Santa Monica, California dilansir dari Women’s Health Mag, hal ini mungkin tidak akan menimbulkan efek apa-apa. Selama sistem kekebalan tubuh dalam kondisi yang baik, Anda bisa mencernanya seperti makanan lain. Sebelum terburu-buru menghubungi dokter, Dr Bedford mengatakan untuk menunggu dan melihat apakah gejala meningkat lebih dari mual.

Baca Juga  Bubur Ase, Panganan Legendaris Dari Betawi

“Saya mungkin memaksa pasien yang mengalami diare untuk mencoba mengeluarkan seluruh makanannya dengan sengaja meminta memuntahkannya. Atau akan meresepkan obat anti mual atau memaksakan muntah.” kata Dr Bedford. Ia menambahkan bahwa selama 30 tahun menjadi dokter, ia mengatakan belum pernah menemukan kasus di mana ada seseorang yang memerlukan perawatan intensif karena jamur yang tertelan. Meskipun itu mungkin bisa saja terjadi.

Baca Juga: Tom Yam, Kuliner Iconik Asal Thailand

Kebiasaan menghilangkan jamur dari makanan

Bagaimana Jika Tidak Sengaja Makan Makanan Berjamur?
Kitapastibisa.id – Bagaimana Jika Tidak Sengaja Makan Makanan Berjamur? – Detik

Terkadang biasanya kita akan berniat menghilangkan jamur dari makanan, dengan memotong sedikit bagian berjamur untuk mengurangi limbah makanan dan menghemat biaya. Tapi sayangnya cara ini tidak menjamin hilangnya jamur sepenuhnya dari makanan itu. Karena faktanya, semua jamur memiliki akar yang bisa saja meski tak terlihat oleh mata. Yang mana akarnya sudah menyebar ke bagian makanan yang lain. Agar kejadian tak sengaja menelan makanan berjamur terulang kembali, ada baiknya Anda segera membuang makanan yang mulai tampak berjamur.

Pertumbuhan jamur didorong oleh kondisi hangat dan lembab,meski begitu jamur juga dapat tumbuh di kulkas. Maka usahakan untuk selalu menjaga lemari es bersih serta menjaga tingkat kelembaban rumah di bawah 40 persen. Sebenarnya, Anda dapat menghindari terbentuknya jamur dengan menutup rapat makanan atau membungkusnya serta menyimpan di kulkas. Dan selalu habiskan makanan sisa dalam waktu 4 hari dan jangan tinggalkan makanan mudah busuk di suhu kamar lebih dari 2 jam.

Baca Juga  Seblak, Jajanan Khas Kota Bandung

Artikel Terkait

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *