Ayam Cemani, Hitam Sampai Ketulang

 Ayam Cemani, Hitam Sampai Ketulang

kitapastibisa.id – Ayam Cemani, Hitam Sampai Ketulang

Ayam Cemani – Nama ayam cemani diambil dari bahasa sansekerta, yang artinya adalah hitam legam. Padahal, ayam ini tidak selalu berwarna hitam, kadang-kadang ada pula yang berwarna putih meskipun jarang ditemukan.

Mutasi gen membuat ayam ini berwarna hitam dari bulu hingga tulang. Ayam langka yang satu ini memiliki tempat khusus di budaya Jawa. Berasal dari Jawa Tengah, ayam ini dapat digunakan untuk obat-obatan tradisional untuk menyembuhkan berbagai penyakit. Bahkan dipercaya memiliki kekuatan magis.

Ayam langka ini sudah ada sejak zaman Kerajaan Majapahit. Pemilik pertama ayam ini adalah seorang petapa sakti yang gemar memelihara ayam yang berwarna hitam yaitu Ki Ageng Mangkuhan. Namun, saat itu ayam hitam milik Ki Ageng Mangkuhan memiliki paruh berwarna putih, jadi tidak sekujur tubuh berwarna hitam.

Jumlah ayam ini semakin berkurang, karena sedikit sekali yang berternak dan terlalu banyak yang membunuh ayam cemani. Entah digunakan untuk sesajen, tumbal, upacara dan lainnya. Oleh karena itu tidak heran jika harganya sangat mahal, karena perkembang biakkannya cukup terbatas dan hanya di beberapa wilayah Indonesia dan Eropa saja.

Baca Juga  Mengatasi Masalah Kulit Kering Saat Musim Panas

Ayam Cemani Sering Di Kaitkan Dengan Hal Berbau Mistis

Dipilihnya ayam cemani untuk persembahan upacara adat karena ayam tersebut dipercaya memiliki kekuatan mistis yang bisa menolak perbuatan jahat. Konon katanya karena warna ayam inilah yang membuatnya menjadi syarat untuk sesajen saat akan melakukan ritual gaib.

Ayam Cemani dibedakan menjadi beberapa jenis berdasarkan kekuatan magisnya yaitu Cemani Widitra, Warastratama, dan Kaikayi. Cemani Widitra diyakini mempunyai kekuatan gendam asmara dan penolak bala. Cemani Warastratama digunakan sebagai pelengkap upacara adat. Sedangkan Cemani Kaikayi dipercaya dapat menangkal santet.

Ada mitos yang mengatakan jika memelihara ayam ini sang pemilik akan terhidar dari berbagai serangan ilmu hitam. Tak hanya itu selain sebagai penangkal ilmu hitam ayam ini juga dipercaya menjadi hewan yang mendatangkan keberuntungan bagi sang pemilik.

Oleh karena itu banyak juga yang ingin memelihara ayam ini. Itulah beberapa mitos yang beredar di masyarakat mengenai ayam cemani. Diharapkan hal ini sebagai sebuah pengetahuan baru tanpa Anda harus mempercayai mitos tersebut.

Artikel Terkait

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *