Atlet Difabel Yang Berprestasi dan Menginspirasi

 Atlet Difabel Yang Berprestasi dan Menginspirasi

Kitapastibisa.id – Atlet Difabel Yang Berprestasi dan Menginspirasi – Kompas

Atlet difabel melakukan olahraga yang sama dengan cara yang berbeda. Karena itu, mereka lebih suka dikategorikan difabel (different ability) daripada disabel (disability). Penyematan difabel tetap menunjukkan kemampuan untuk melakukan sesuatu dengan cara berbeda. Sementara istilah disabel menunjukkan ketidakmampuan. Padahal seorang difabel tetap mampu melukis, makan, atau berolahraga sama seperti orang yang memiliki organ tubuh lengkap. Seorang atlet difabel bahkan memiliki prestasi mentereng yang bisa menjadi inspirasi bagi Anda dan sekitarnya.

Baca Juga: Adat Basandi Syara’, Syara’ Basandi Kitabullah

Beberapa atlet difabel yang berprestasi

Kyle Maynard

5 Atlet Difabel Berprestasi Yang Menginspirasi: Kyle Maynard
Kitapastibisa.id – Kyle Maynard – Thrommers

Kyle Maynard lahir dengan kondisi langka yang disebut sebagai congenital amputation yang mecegah perkembanganan tungkai janin. Kondisi itu menyebabkan Maynard tidak memiliki organ tubuh yang tidak lengkap pada kedua kaki dan tangannya. Namun sejak remaja, minat Maynard terhadap olahraga semakin kuat. Selain bergabung pada tim american football, Maynard juga pernah ikut dalam tim gulat SMA dan mendapatkan prestasi gemilang. Maynard terus memperluas minat dan bakatnya dengan mempelajari beragama seni bela diri seperti jiu jitsu dan crossfit. Pengalaman dan bekal ilmu bela diri membuka peluang dirinya untuk  berlaga dalam sebuah pertandingan MMA amatir. Dalam pertarungan itu, Maynard tidak gentar bertarung dengan lawan ynag memiliki anggota tubuh lengkap. Maynard nuga tercatat sebagai orang difabel pertama yang berhasil mendaki Gunung Kilimanjaro. Maynard berhasil melakukan itu tanpa bantuan alat gerak ataupun anggota tubuh buatan (prosthetic).

Baca Juga  Kanye West Musisi dengan Penghasilan Tertinggi Tahun 2020

Ester Vergeer

Ester Vergeer
Kitapastibisa.id – Ester Vergeer – skysports

Ester Vergeer lahir di Belanda dengan kondisi yang baik dan normal. Hingga pada suatu ketika Vergeer terkena stroke dan harus menjalani operasi pada tulang belakangnya. Naas, paska operasi Vergeer justru menjadi lumpuh pada anggota tubuh bagian bawah. Kondisi ini mengharuskan Vergeer memakai kursi roda. Namun Vergeer tidak menyerah pada keadaan. Ia banyak mempelajari berbagai macam olahraga difabel, salah satunya tenis kursi roda. Setelah mengikuti kejuaraan pertamanya di tahun 1996, dua tahun kemudian Vergeer mampu menjadi petenis wanita kursi roda nomor satu dunia. Total Vergeer memenangkan 120 turnamen dengan rekor 470 kemenangan.

Oscar Pistorius

Oscar Pistorius
Kitapastibisa.id – Oscar Pistorius – livemint

Oscar Leonardus Carl Pistorius lahir dengan kelainan pada tulang kaki sehingga harus diamputasi dari lutut ke bawah. Kondisi ini tidak mengecilkan semangat Oscar untuk berolahraga. Oscar banyak melakukan olahraga fisik seperti gulat dan rugby untuk melatih tubuh dan mentalnya. Tahun 2003 menjadi awal sejarah emas di mana Oscar mulai mengenal atletik cabang lari jarak pendek. Hanya dalam kurun waktu satu tahun, Oscar mampu meraih medali emas Paralympic 2004 Athens. Prestasi Oscar terus menanjak dalam tiap kejuaraan yang diikutinya. Oscar secara total telah meraih enam medali emas, satu perak, dan satu perunggu dari ajang Paralympic. Oscar juga memegang rekor dunia untuk lomba lari 100m, 200m, 400m, dan juga estafet 4x100m.

Baca Juga  Melihat Kepribadian Muslim dari Cara Ia Berbicara

Baxter Humby

Baxter Humby
Kitapastibisa.id – Baxter Humby – usadojo

Tangan Baxter Humby harus diamputasi setelah terlahir. Meski hanya memiliki satu tangan, Humby sangat menyukai olahraga khususnya bela diri. Memfokuskan diri pada bela diri kickboxing, Humby memutuskan untuk totalitas menjadi petarung profesional. Memulai debut profesionalnya di 2001, Humpy mampu menjatuhkan lawannya hanya dalam satu ronde. Latihan yang semakin intensif dan selalu ikut berbagai kejuaraan ternyata semakin mengasah kemampuan Humpy. Pada 2010, Humpy mampu meraih juara dunia IMTC World Super Welterweight National Champion. Beberapa gelar lainnya IKKC USA Kickboxing Champion, IMTC World Middleweight Champion, dan IKBA International Kickboxing Champion.

Marcel Hug

Marcel Hug
Kitapastibisa.id – Marcel Hug – paralimpic.org

Marcel Hug didiagnosa menderita spina bifida yang mengharuskan Hug menggunakan kursi roda semenjak dari kecil. Hug memulai minat terhadap olahraga atletik dan terinspirasi dari atlet difabel Swiss bernama Franz Nietlispach. Pada umur 10 tahun, Hug mengikuti kompetisi kursi roda pertamanya yang berjarak 3km. Hug memutuskan untuk menjadi atlet profesional untuk memaksimalkan potensi bakatnya. Pada 2006, Hug berhasil meraih medali emas pertama pada kejuaraaan dunia atletik di Assen. Hug memenangkan lomba lari marathon berjarak 10 km. Sejak itu Hug banyak meraih prestasi di lomba lari marathon. Termasuk lima medali emas dan perak pada tahun 2013 dan penghargaan atlet difabel Swiss terbaik pada 2016.

Baca Juga  Riza Marlon Sang Pionir Fotografi Satwa Liar Indonesia

Artikel Terkait

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *