Apa Gen Z itu?

 Apa Gen Z itu?

Apa Sih Gen Z Itu?

Kalian pasti nggak asing dengan kata Gen Z kan? sebenarnya apa sih arti Gen Z itu? Gen Z adalah generasi setelah generasi Y atau generasi millenial, yang didefinisikan sebagai orang–orang yang lahir di tahun 1996 sampai tahun 2010, atau yang biasa disebut oleh orang–orang dengan istilah ‘Kids Jaman Now’. Seperti yang kita ketahui bahwasannya karakteristik gen z adalah kreatif, aktif, menyukai kebebasan, percaya diri, cenderung menyukai hal yang bersifat instan dan yang pasti ahli dan berkembang pesat dalam hal digital dan teknologi. Sesuai dengan karakter tersebut, maka anak anak gen z pun dalam hal minat dan kesukaan akan berbeda dengan generasi sebelumnya. Namun gen z juga mempunyai sifat yang mudah bosan, jenuh, dan tidak jarang akan meninggalkan kesukaannya tersebut dengan mencari hal–hal yang baru.

Baca Juga: Tren Fashion di 2020 yang Mendominasi

Apa saja sih yang sedang ramai di tahun ini oleh kalangan Gen Z?

1. Sosial Media

Seperti sosmed yang banyak diakses oleh Gen z berikut ini yaitu Instagram, Youtube, dan Twitter. konten yang mereka sukai pun bermacam–macam. Misalnya konten yang sedang banyak diminati yaitu skincare, makeup, fashion, game, ASMR/mukbang/memasak, musik, desain grafis, dan sebagainya. Mengapa bisa menyukai hal–hal yang disebutkan di atas?

Baca Juga  Perawatan Kulit Ala Wanita Korea

Seperti yang kita ketahui, konten–konten tersebut memang menarik, menghibur dengan visualisasi yang bagus, serta memotivasi para Gen Z untuk ikut mengasah kemampuan mereka. Seperti seperti konten memasak, dan skincare atau make up yang sangat digemari oleh kaum hawa. konten skincare/makeup biasanya disertakan dengan before dan after menggunakan suatu produk, dari yang sebelumnya biasa–biasa saja atau kurang, lalu menjadi lebih cantik. Biasanya para beautyvlogger juga menyertakan produk yang direkomendasikan beserta harganya. Apalagi untuk perempuan yang memang selalu lapar mata dan menyukai hal-hal yang indah di mata. Tak jarang para perempuan berlatih keras untuk mengasah kemampuan make up, mempelajari fashion, dan menggunakan skincare. Mereka juga mengikuti konten–konten di sosmed, karena sangat termotivasi untuk menjadi lebih cantik lagi dari sebelumnya.

2. Game Online

Selain konten disebutkan diatas, game online juga sangat ramai dikalangan laki–laki maupun perempuan, Gen Z maupun generasi yang lebih tua atau generasi sebelumnya. Game juga mampu menurunkan stress dan meningkatkan kreatifitas terhadap penggunanya. Karena kebanyakan Kids Jaman Now menyukai tantangan. Saat ini game yang sedang ramai diminati oleh Kids Jaman Now yaitu P.U.B.G, Free Fire, Mobile Legends, Candy Crush, The Sims, Clash Of Clans, dan sebagainya. Semakin hari pun banyak game game baru yang serupa muncul di store app. Game mobile yang sifatnya fleksibel, grafik bagus, selalu update fitur–fitur baru, dan bisa dimainkan dengan teman–teman. Hal tersebut membuat para Kids Jaman Now ini tidak bosan dan selalu memainkan game mobile dimanapun dan kapanpun. Selain itu, banyak yang mengadakan turnamen–turnamen berhadiah, membuat mereka sangat tertarik pada game mobile.

Baca Juga  Daun Kelor Bagus Untuk Kesehatan Dan Kecantikan

Dari hal di atas, Kids Jaman Now cenderung lebih menyukai hal hal seperti konten digital, konten yang unsur visualnya menarik, konten yang ramai dan dapat menghibur mereka, konten atau event yang dapat membuat mereka eksis dan menunjukan jati dirinya. Tapi sering kali mereka lupa pada kepentingan mereka di dunia nyata, karena terlalu asik pada jejaring sosmed. Sebaiknya perlu batasan dan istirahat dari sosmed dalam beberapa waktu, agar balance dunia maya dengan dunia nyata–nya.

Artikel Terkait

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *