Angkie Yudistia, Sosok Perempuan Inspiratif

 Angkie Yudistia, Sosok Perempuan Inspiratif

Kitapastibisa.id – Angkie Yudistia, Sosok Perempuan Inspiratif – Tirto.id

Angkie Yudistia sejak kecil sudah mengalami gangguan pendengaran tuna rungu karena terserang malaria. Angkie lahir di Medan pada 5 Mei 1987, pendengarannya mulai menghilang saat perempuan berhijab itu menginjak usia 10 tahun.

Kejadian itu sempat membuatnya kehilangan percaya diri. Namun, dukungan dari keluarga dan orang-orang terdekat, terutama sang ibu, secara perlahan berhasil membangkitkan semangatnya. Putri pasangan Hadi Sanjoto dan Indiarty Kaharman ini berhasil meraih gelar master di London School of Public Relations Jakarta. Kegemarannya menulis membuat Angkie menelurkan beberapa buku.

Pada tahun 2011, dia merilis buku berjudul “Perempuan Tunarungu Menembus Batas.” Buku keduanya yang berjudul “Setinggi Langit” terbit dua tahun kemudian. Di tahun 2019, Angkie Yudistia meluncurkan buku ketiganya berjudul “Become Rich as Sociopreneur”. Sempat bekerja di beberapa perusahaan besar seperti IBM Indonesia dan Geo Link Nusantara, Angkie kemudian mendirikan Thisable Enterprise pada 2011. Lembaga itu bertujuan untuk memberdayakan kelompok disabilitas agar memiliki keterampilan, dan menyalurkannya ke dunia kerja.

Baca Juga: Riza Marlon Sang Pionir Fotografi Satwa Liar Indonesia

Baca Juga  Yang Kamu Harus Tahu Soal Shio Kerbau di Tahun 2021

Mendirikan Lembaga Thisable Enterprise

Thisable Enterprise kini telah berkembang menjadi sebuah grup yang membawahi Thisable foundation, Thisable Recruitment, serta Thisable Digital. Melalui perusahaan-perusahaan tersebut, Angkie menyediakan pelatihan bagi SDM disabilitas agar dapat bekerja secara vokasional dan profesional.

Pada 2017 lalu, perusahaan tersebut menggandeng Go-Jek sebagai mitra bisnis, di mana para penyandang disabilitas di bawah naungan Thisable Enterprise disalurkan untuk menjadi tenaga pekerja pada sejumlah layanan Go-Jek, seperti Go-Massage, Go-Clean, Go-auto, maupun Go-Glam, disesuaikan dengan kemampuan masing-masing disabilitas. Thisable Enterprise juga diketahui mengeluarkan sejumlah produk retail, khususnya di bidang perawatan tubuh, seperti sabun dan kosmetik kecantikan.

Perempuan yang pada 2019 berhasil memperoleh penghargaan Asia’s Top Outstanding Women Marketeer of The Year dari Asia Marketing Federation itu mengaku bersyukur atas kesempatan yang diberikan Presiden Jokowi terhadap dirinya menjadi salah satu anggota Staf Khusus Presiden.

Ia bertekad tidak akan menyia-nyiakan kesempatan tersebut dengan sepenuh hati membantu Jokowi mewujudkan misi menuju Indonesia inklusif yang lebih ramah disabilitas. “Sudah waktunya disabilitas bukan kelompok minoritas tetapi kita dianggap setara,” ucap Angkie. Angkie Yudistia menjadi satu dari enam anak muda milenial yang ditunjuk oleh Presiden Joko Widodo sebagai Staf Khusus Presiden.

Baca Juga  Definisi Zina Beserta Jenis-jenis Zina

Artikel Terkait

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *