Amalan Penghapus Dosa dalam Pandangan Islam

 Amalan Penghapus Dosa dalam Pandangan Islam

Kitapastibisa.id – Amalan Penghapus Dosa dalam Pandangan Islam – Pengusaha muslim

Amalan Penghapus Dosa dalam Pandangan Islam – Manusia tidak pernah luput dari kesalahan dan dosa. Seiring dengan perangai manusia dan kesalahannya, ungkapan itu semakin populer. Namun, pemahaman itu bukan tanpa dasar. Hal tersebut diungkapkan oleh Imam Tirmidzi yang berbunyi,

“Setiap anak Adam pernah berbuat salah dan sebaik-baik yang berbuat salah adalah yang bertobat dari kesalahannya.” (HR. At Tirmidzi no. 2499, Hasan)

Baik disadari ataupun tidak, setiap manusia pasti pernah berbuat salah. Yang jadi permasalahan adalah ketika seorang manusia tanpa sadar melakukan kesalahan atau berbuat dosa. Lantaran keterbatasan pengetahuan atau mungkin tidak sengaja, kerap kali kita melakukan hal yang ternyata salah.

Anggaplah dosa adalah kotoran yang mengotori pakaian kita. Ketika kotoran nampak jelas, maka kita segera membersihkannya. Namun, bagaimana jika kotoran itu kecil dan tidak terlihat? Misal, debu kecil atau zat kecil yang bisa merubah warna pakaian. Lantas, kita perlu sebuah cara agar kotoran yang tidak terlihat itu luntur dari pakaian kita.

Baca Juga  Mengolah Sampah Menjadi Manfaat

Begitu pula dengan dosa. Kita perlu melakukan sebuah amalan yang mampu menghapuskan dosa-dosa kita, baik yang disadari maupun tidak.

Baca Juga: Shakuntala Devi Jenius Angka Mengalahkan Komputer

Amalan yang dapat menghapus dosa.

1. Berbuat Baik

Nabi shallallahu alaihi wa salam mengimbau umatnya untuk mengiringi perbuatan buruk dengan perbuatan baik. Sebagaimana beliaupernah bersabda,

“Bertakwalah kepada Allah di manapun anda berada. Iringilah perbuatan dosa dengan amal kebaikan, karena kebaikan itu dapat menghapusnya. Serta bergaulah dengan orang lain dengan akhlak yang baik” (HR. Ahmad 21354, Tirmidzi 1987, ia berkata: ‘hadis ini hasan sahih).

Secara eksplisit, hadis ini mengatakan bahwa manusia harus terus berperilaku baik. Tidak melulu karena ia teringat pernah berbuat salah. Namun, kebaikan harus terus dilakukan kapanpun dan di manapun. Hal ini karena kita tidak tahu dari perbuatan baik tersebut, dosa mana yang akan diampuni.

2. Salat Lima Waktu

Mandi atau mencuci baju adalah upaya kita untuk menghilangkan kotoran. Kita melakukannya dalam jangka waktu tertentu untuk menjaga kebersihan. Begitu juga dengan salat. Dari Abu Hurairah, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

Baca Juga  Abdullah bin Ubay bin Salul, Potret Hoaks Zaman Nabi

“Di antara shalat lima waktu, di antara Jum’at yang satu dan Jum’at berikutnya adalah penghapus dosa di antara semua itu selama tidak dilakukan dosa besar” (HR. Muslim no. 233).

Salat menghapus dosa kita di antara waktu ke waktu. Bayangkan, kita mandi lima kali sehari. Akankah kita masih kotor? Jika iya, maka ada yang salah pada diri kita.

3. Melaksanakan Amalan Sunah

Terdapat amalan-amalan sunah yang dapat menghapuskan dosa, di antaranya melakukan salat taubat, berzikir, ataupun puasa sunnah. Namun, terdapat salah satu sunah yang sangat sederhana dan mampu menggugurkan dosa. Dari Abu Hurairah radhiyallahu anhu, ia mendengar Rasulullah shallallahu alaihi wa salam bersabda,

“Jika seorang hamba muslim atau mukmin berwudhu, kemudian membasuh wajahnya maka keluarlah dari wajahnya tersebut semua dosa yang dilakukan pandangan matanya bersamaan dengan tetesan air terakhir, jika ia membasuh tangannya maka keluarlah dari tangannya semua dosa yang dilakukan tangannya bersamaan dengan tetesan air terakhir, jika ia membasuh kedua kakinya maka keluar semua dosa yang berasal dari langkah kakinya, hingga dia keluar dalam keadaan bersih dari dosa.” (HR. Muslim)

Baca Juga  Film Terbaru Park Shin Hye The Call Tayang Di Netflix

Hadis tersebut mengatakan bahwa wudhu mampu menggugurkan dosa. Yang dimaksud wudhu menghapuskan dosa adalah dosa-dosa kecil. Yuk, kita jaga wudhu.

Artikel Terkait

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *