Aktivitas Berkebun di Pekarangan Rumah

 Aktivitas Berkebun di Pekarangan Rumah

Kitapastibisa.id – Yuk Intip! Manfaat Ketika Kamu Berkebun di Rumah – rumah123

Aktivitas Berkebun di Pekarangan Rumah – Mencari aktifitas yang bermanfaat agar tetap produktif dirumah? Mungkin mencoba berkebun di perkarangan rumah bisa menjadi salah satu alternatif solusinya. Selain bisa ikut berpartisipasi dalam gerakan penghijauan, bertanam sayuran dapat menjadi sumber kebutuhan sayur-mayur harian. Karena anda dapat diperolehnya sayuran yang lebih terjamin kebersihan dan mutunya, karena penggunaan pestisida yang dapat ditekan semaksimal mungkin. Bahkan menanam sayur disekitar rumah, dapat turut membantu perekonomian di tengah kondisi naiknya harga bahan kebutuhan pokok.

Sebagai permulaan, berikut beberapa jenis tamanan yang bisa di tanam di pekarangan rumah sambil berkebun:

Baca Juga: Daun Kelor Bagus Untuk Kesehatan Dan Kecantikan

  1. Cabai

Selain ditanam di pekarangan, cabai juga bisa ditanam di pot. Caranya pun mudah cukup dengan menyebar bijinya yang sudah dikeringkan, lalu disiram berkala di bawah sinar matahari sampai tumbuh besar dan berbuah. Jangan sungkan untuk menambahkan pupuk agar buah yang dihasilkan lebih bagus dan subur.

    2. Tomat

Baca Juga  Kisah Pembunuh Bengis yang Masuk Surga

Biji tomat yang sudah dikeringkan juga bisa ditanam dan tumbuh subur dengan media pot. Biji tomat yang cocok untuk ditanam adalah yang berasal dari buah matang, terutama jika buahnya sudah lembek. Ambil bijinya dan keringkan, kemudian tanam dalam pot berisi tanah yang subur.

  1. Seledri

Seledri adalah salah satu sayuran yang paling mudah tumbuh dari sisa-sisa potongannya. Kamu hanya perlu memotong bagian bawah seledri, kemudian menanamnya. Biarkan seledri terkena sinar matahari langsung setiap hari, maka akan muncul daun pada batang seledri.

  1. Bayam

Selain mengandung banyak vitamin, ternyata bayam juga mudah untuk dibudidayakan di rumah. Bayam bisa ditanam melalui bibit ataupun melalui bagian akarnya. Caranya mudah cukup degan memanfaatkan bagian batang dan akar bayam untuk dibudidayakan dirumah, lalu tanam di lahan atau pot yang tersedia.

  1. Sawi dan Selada

Cara membudidayakan tanaman sawi dan selada hampir sama, yaitu dengan memotong bagian bawah sawi atau selada kemudian letakkan dalam mangkuk air sebanyak. Tempatkan di tempat yang terkena sinar matahari. Kemudian saat telah tumbuh tunas baru pindahkan ke pot berisi tanah subur.

  1. Daun bawang
Baca Juga  Membuat Minuman Segar Dari Buah Yang Menyehatkan

Bagian akar daun bawang dari sisa memasak merupakan pilihan untuk menanam tanaman ini. Tempatkan akar daun bawang ke dalam cangkir berisi sedikit air, kemudian tanam dipot kecil. Nantinya di bagian bekas potongan itu akan tumbuh daun baru, kamu cukup memotong daun itu untuk memasak.

  1. Jahe, kunyit dan kencur

Cukup letakkan potongan umbi tanamannya di tanah dengan tunas menghadap ke atas. Akarnya akan menyebar menghasilkan umbi baru, daunnya pun akan tumbuh tinggi. Ketika tanaman telah tumbuh, kamu bisa menggali umbinya, memotongnya sebagian untuk dipakai, sedang potongan yang lain bisa ditanam kembali.

Artikel Terkait

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *