Ajarkan Kecintaan Membaca Pada Anak Sejak Dini

 Ajarkan Kecintaan Membaca Pada Anak Sejak Dini

Kitapastibisa.id – Ajarkan Kecintaan Membaca Pada Anak Sejak Dini – Mamapapa.id

Ajarkan Kecintaan Membaca Pada Anak Sejak Dini – Buku adalah jendela dunia. Kebiasaan membaca adalah janji akan kebaikan dan kebermanfaatan untuk kita dalam mengenal banyak hal yang terbentang di dunia. Selain karena akan merangsang kemampuan untuk berbicara, juga akan membantu dalam pengembangan karakter dan menambah perbendaharaan kata pada anak.

Seiring berkembangnya kemajuan teknologi, juga mendorong pada kebiasaan dan cara manusia dalam berinteraksi, budaya membaca lambat laun mengalami penurunan minat, jika kita tak mengenalkan kebiasaan baik ini sejak dini. Apalagi banyak sekali anak-anak yang lebih banyak menunjukkan ketertarikannya kepada layar ponsel dibanding buku atau aktivitas fisik di luar.

Nah, di sinilah kita sangat perlu untuk membekali diri sebagai orang tua agar bisa membantu dan menciptakan lingkungan yang mendukung untuk menggemari aktivitas dan kegiatan membaca. Sehingga anak memiliki minat untuk membaca sejak dini. Cara ini bisa efektif dimulai ketika anak sudah memasuki taman kanak-kanak atau bahkan sebelumnya.

Baca Juga: Terapi Dengan Melakukan Olahraga Rafting

Baca Juga  Tips Untuk  Menjaga Kesejukan Rumah

 

Ajarkan Kecintaan Membaca Pada Anak Sejak Dini
Kitapastibisa.id – Ajarkan Kecintaan Membaca Pada Anak Sejak Dini – cussonskids
  1. Mengenalkan dan menyediakan bahan bacaan yang variatif di Rumah

Membiasakan anak melihat dan menyentuh berbagai macam buku bacaan, terutama yang memiliki tekstur dan warna yang mencolok bisa menjadi salah satu cara untuk membuatnya “kenal” dengan buku dan merasa dekat dengan lingkungan membaca.

Buku tersebut bisa disusun atau diletakkan di tempat yang biasa melibatkan kegiatan keluarga bersama-sama. Sehingga, keluarga dan anak bisa melakukan interaksi bersama sama.

  1. Menyiapkan waktu bersama anak untuk membaca

Anak merupakan makhluk yang sangat aktif, mereka  terbiasa meniru apa yang mereka  lihat di sekitarnya. Hal-hal yang biasa dilakukan oleh orang tua juga bisa menjadi salah satu cara  agar anak mau belajar. Orang tua merupakan sosok yang sangat dekat dan menjadi teladan yang baik untuk mengenalkan pada kebiasaan membaca.

Nah, waktu seperti ini perlu disediakan oleh orang tua untuk terlibat langsung bersama anak dalam kegiatan membaca. Bisa juga dilakukan secara rutin sebelum tidur, karena dengan membaca buku bersama anak, anak bisa merangsang imajinasi dan memiliki bimbingan dari orang tuanya. Tentu saja dengan tidak membatasi dan memberikan ruang pada anak untuk bermain dengan segala kemampuan berfikir yang ia miliki.

  1. Melakukan dialog dan percakapan dengan anak secara rutin

Setelah membaca buku bersama, orang tua bisa mengajak diskusi anak tentang buku yang dibaca tadi. Cara ini juga untuk menambah dan memanggil ingatan anak mengenai buku yang ia baca. Anak akan merasa bahwa membaca buku merupakan waktu yang penting karena meningkatkan komunikasi bersama orang tua mereka. Sehingga ia akan termotivasi untuk melakukan kegiatan tersebut berulang-ulang.

  1. Membeli buku bersama anak

Kegiatan yang dilakukan bersama orang tua, selalu menjadi hal yang menarik bagi anak. Salah satunya mengunjungi toko buku dan membeli buku bersama. Hal ini tentu saja menjadi salah satu cara untuk tetap menjaga perhatian dan ketertarikan anak pada buku lho.

Baca Juga  Perempuan Indonesia Bangga Memakai Kebaya Indonesia

Artikel Terkait

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *