Agustinus Rumere, Anak Papua di dalam Uang 75.000

 Agustinus Rumere, Anak Papua di dalam Uang 75.000

Kitapastibisa.id – Agustinus Rumere, Anak Papua di dalam Uang 75.000 – Topikpapua

Agustinus Rumere, Anak Papua di dalam Uang 75.000 – Indonesia baru saja mengeluarkan pecahan uang 75.000 tepat pada ulang tahunnya yang ke-75. Uang tersebut memiliki desain yang sangat unik. Tak hanya memuat wajah presiden dan wakil presiden pertama, namun juga sejumlah anak berpakaian adat lengkap.

Salah satunya adalah ia yang mengenakan pakaian adat asal Papua. Anak tersebut memiliki kisah menarik kala melakukan pemotretan untuk desain pecahan uang tersebut. Ia adalah Agustinus Rumere.

Agustinus merupakan anak dari pasangan Niko Rumere dengan Fitri Seserai. Sang Ibu, Fitri Seserai berasal dari Tanah Merah, Jayapura, dan ayahnya, Niko Rumere, berasal dari Biak. Pada desain uang tersebut, Agustinus mengenakan pakaian adat asal Serui, Kabupaten Yapen.

“Perkenalkan Agustinus Rumere, anak yang wajahnya ada di uang Rp 75.000,” kata Kepala (Kantor Perwakilan) KPw BI Papua, Naek Tigor Sinaga, mengutip dari kompas, Selasa (25/8/2020).

Melihat wajahnya ada di dalam uang pecahan 75.000 yang baru, tentu Agustinus merasa sangat senang. Namun, ternyata Agustinus tidak tahu bahwa ia akan menjadi salah satu anak yang masuk dalam desain uang tersebut. Bagaimana ceritanya?

Baca Juga  Kisah Hidup Seto Mulyadi, Psikolog Ternama Indonesia

Baca Juga: Penyebab Seseorang Memiliki Otak Mesum?

Kisah Agustinus: Foto Saat Sakit Malaria

Pihak Bank Indonesia (BI) sebenarnya sangat merahasiakan agenda pemotretan anak-anak yang akan menjadi desain uang 75.000. Bahkan Kepala Perwakilan BI di Papua. Naek Tigor Sinaga, tidak mengetahui hal tersebut awalnya.

“Tidak ada seleksi karena ini sangat dirahasiakan, saya saja tidak tahu,” ucapnya dia.

Sang ibu dari Agustinus, Fitri, pun mengaku hal yang sama. Ia menganggap bahwa sesi pemotretan anaknya berlangsung dadakan. Ia hanya diminta datang ke kantor karena ada perwakilan dari Jakarta yang sudah menunggu.

“Waktu itu ditanya anaknya umur berapa dan disuruh bawa ke kantor karena orang Jakarta sudah datang. Saat itu Agustinus sedang sakit malaria,” tuturnya.

Lantaran mendadak, Fitri harus mencari pakaian ada yang mudah diperoleh. Pilihan itu jatuh pada pakaian adat Serui. Fitri juga mengatakan bahwa ia sudah lupa akan sesi pemotretan tersebut. Pasalnya, acara tersebut dilakukan tahun 2019.

“Saya tidak tahu sama sekali akan begini karena itu sudah satu tahun lalu, saya sudah lupa. Tanggal 17 kemarin saya dapat WhatsApp, tentu ini juga pekerjaan Tuhan,” kata Fitri.

Baca Juga  Johny Setiawan “Astronom Gokil” Asal Indonesia

Artikel Terkait