6 Tips Lawan Kantuk Selama Work From Home

 6 Tips Lawan Kantuk Selama Work From Home

kitapastibisa.id – 6 Tips Lawan Kantuk Selama Work From Home – WowKeren

6 Tips Lawan Kantuk Selama Work From Home – Bulan Ramadhan akan telah tiba. Sedikit berbeda dari biasanya, kali ini umat Muslim di dunia akan merayakan ibadah puasa Ramadhan sembari melakukan social distancing di rumah. Sebelumnya, social distancing sendiri telah membuat banyak orang terpaksa melakukan work from home atau kerja dari rumah.

Di bulan puasa, WFH pun dapat menghadirkan tantangan tersendiri. Pasalnya, bukan rahasia jika puasa terkadang memicu datangnya kantuk di siang hari.

Hal ini disebabkan oleh menurunnya tingkat gula darah di kala puasa. Akibatnya, tingkat konsentrasi dan produktivitas akan menurun. Padahal, WFH sendiri sudah membuat banyak orang merasa pekerjaan jadi tidak efektif. Nah, agar puasa tetap berjalan lancar dan kantuk tidak mengganggu WFH, berikut beberapa tips agar tidak mengantuk saat bekerja dari HR Asia yang dapat diadaptasi ketika WFH.

Baca Juga: Tidurnya Orang Berpuasa Mendapat Pahala, Benarkah?

1. Cobalah untuk tidur lebih berkualitas

Puasa membuat waktu dan pola tidurmu menjadi berantakan. Maka, usahakan untuk mengatur waktu tidurmu dengan lebih baik. Cobalah untuk tidur lebih cepat daripada biasanya karena kamu harus bangun untuk sahur. Selain itu, usahakan tidurmu berkualitas.

2. Tidur siang sejenak saat waktu istirahat

Saat puasa, waktu makan siang dapat kamu alih gunakan sebagai waktu tidur siang. Istirahatlah sebentar dari pekerjaanmu, kemudian cobalah untuk tidur sekitar 5-20 menit. Carilah tempat atau ruangan yang berbeda dari lokasimu bekerja di rumah. Ini akan membuat pikiranmu lebih segar dan produktif.

3. Ubah pemandangan

Berada di rumah memang membuat pergerakanmu terbatas. Namun, cobalah untuk mengganti pemandangan agar tidak bosan saat bekerja. Cobalah untuk melihat suasana di halaman rumah, atau setidaknya menjauh dari layar komputer.

4. Mencuci muka

Jika rasa kantuk sudah benar-benar tidak tertahankan, cucilah muka dengan air dingin. Meski sederhana, air dingin dapat membantumu untuk merasa rileks dan segar sehingga mudah berkonsentrasi.

5. Lakukan peregangan sederhana

Duduk terlalu lama saat bekerja juga bisa membuat ototmu terasa kaku dan mudah mengantuk. Sebagai solusi, cobalah untuk melakukan peregangan singkat selama beberapa menit. Kamu juga bisa berjalan-jalan di dalam rumah untuk melepas ketegangan.

6. Berkirim pesan dengan rekan kerja

WFH membuatmu tidak bisa berbicara secara langsung dengan rekan kerja. Ini dapat membuatmu rentan diserang kantuk. Sebagai gantinya, cobalah untuk melakukan video call hingga berkomunikasi lewat telepon dengan rekan kerja. Kamu juga bisa membahas pekerjaan secara online agar lebih berkonsentrasi.

Baca Juga  Quraish Shihab: Menjaga Lisan, Meraih Ketenangan

Artikel Terkait

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *