5 Tips Olahraga Saat Ramadan Agar Tetap Bugar

 5 Tips Olahraga Saat Ramadan Agar Tetap Bugar

kitapastibisa.id – 5 Tips Olahraga Saat Ramadan Agar Tetap Bugar -blibli

5 Tips Olahraga Saat Ramadan Agar Tetap Bugar – Sebagian besar orang seringkali malas olahraga saat bulan puasa dengan berbagai macam alasan, salah satunya karena khawatir mudah lelah. Padahal, meski sedang berpuasa, tubuh harus tetap dibawa olahraga untuk menjaga kebugaran tubuh selama berpuasa di bulan Ramadan.

Apalagi, saat puasa kamu tidak boleh makan dan minum. Dengan kondisi ini, bukan tidak mungkin tubuh akan mengalami dehidrasi dan kelelahan. Senantiasa aktif bergerak dan berolahraga di bulan puasa akan membawa pengaruh positif pada kesehatan tubuh.

Lalu, bagaimana tips Olahraga Saat Ramadan yang baik dan mudah diterapkan sehari-hari? Biar lebih tau, langsung simak yuk ulasan berikut!

Baca Juga: 4 Tips Menjaga Kesehatan Selama Menjalani Puasa di Tengah Pandemi

1. Perhatikan Waktu Olahraga

Hal penting pertama sebelum olahraga saat bulan puasa yaitu harus tau kapan waktu olahraga yang tepat. Disarankan, lakukan olahraga dengan intensitas rendah hingga sedang dan berdurasi sekitar 30-45 menit menjelang waktu berbuka puasa.

Dokter Spesialis Kedokteran Olahraga Andhika Raspati mengatakan, olahraga dengan intensitas tinggi dan durasi panjang dapat menurunkan imunitas tubuh. Hal senada juga diungkapkan Dokter Spesialis Gizi Klinik dr. Samuel Oetoro, Sp. GK tentang durasi olahraga saat puasa.

Baca Juga  Bangkitkan Mood agar Tak Malas WFH saat Puasa

2. Pilihan Olahraga yang Dianjurkan

Tips olahraga saat berpuasa di bulan Ramadan adalah harus cerdas memilih jenis olahraga apa yang baik dilakukan.

Bersepeda

Bersepeda merupakan rekomendasi olahraga yang bisa dilakukan saat bulan puasa. Jenis olahraga ini baik untuk kesehatan fisik dan tidak akan membuatmu kelelahan. Terlebih, manfaat bersepeda saat puasa diklaim dapat menjaga kesehatan jantung dan merilekskan pikiran.

Yoga

Yoga tidak hanya baik untuk kesehatan fisik, tapi juga memberi efek positif bagi kesehatan mental. Olahraga ini tidak terlalu menguras tenaga ketika dilakukan saat berpuasa.

Olahraga saat puasa penting untuk memperhatikan asupan nutrisi pada makanan. Tipsnya, banyaklah konsumsi makanan yang mengandung gizi lengkap. Gizi lengkap itu meliputi karbohidrat, protein, lemak, vitamin, dan mineral agar kebutuhan tubuh dapat terpenuhi. Asupan tersebut bisa didapatkan dalam bahan makanan tertentu seperti ikan, daging, dan telur. Dengan menjaga asupan nutrisi makanan ini, tubuh akan tetap kuat meski sedang puasa Ramadan.

3. Perhatikan Waktu Istirahat

Untuk menjaga tubuh tetap bugar meski sedang berpuasa, penting untuk memperhatikan waktu istirahat atau tidur. Seperti diketahui, orang dewasa memerlukan waktu istirahat setiap hari sekitar 7-9 jam. Kemudian, tidur siang pun diperlukan untuk mempertahankan kesehatan tubuh.

Baca Juga  Stop Kebiasaan Langsung Tidur Setelah Sahur

4. Penuhi Asupan Air Minum

Jika ingin menerapkan kebiasaan rutin olahraga saat puasa, kamu disarankan memenuhi asupan air minum setiap hari sekitar 1,5-2 liter per hari.

Tips ini bertujuan untuk menghindari kamu dari risiko dehidrasi ketika berolahraga saat puasa. Untuk itu, biasakan minum air putih dengan pola 2-4-2 yaitu minimal 2 gelas penuh saat sahur, 4 gelas penuh saat berbuka, dan 2 gelas lagi sebelum tidur.

Artikel Terkait

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *