5 Momen Ikonik North-West Derby

 5 Momen Ikonik North-West Derby

Kitapastibisa.id – 5 Momen Ikonik North-West Derby – Kumparan

5 Momen Ikonik North-West Derby – Apakah anda mengetahui istilah North-West Derby dalam dunia sepak bola? Bagi pecinta sepak bola, khususnya pendukung Manchester United dan Liverpool, julukan North-West Derby tentu tak asing lagi.

North-West Derby adalah julukan untuk pertandingan Manchester United melawan Liverpool di dalam kompetisi apapun. Baik  domestik maupun pada level internasional. Di berbagai kompetisi liga sepak bola di seluruh dunia juga banyak istilah yang merujuk pada satu pertandingan, yang memiliki nilai sejarah panjang dan rivalitas tinggi antar kedua klub. Seperti misalnya El Clasico yang merujuk pada pertandingan antara Barcelona dan Real Madrid. Super Clasico yang merujuk pada pertandingan sesama klub dari Argentina yaitu River Plate kontra Boca Junior. Atau seperti di Indonesia juga mengenal istilah Derby Indonesia yang merujuk pada pertandingan Persija Jakarta dengan Persib Bandung.

North-West Derby antara Manchester United dan Livepool telah berlangsung selama puluhan tahun dan selalu miliki cerita dan drama tersendiri di tiap pertandingan. Hal itu terjadi baik sebelum hingga setelah pertandingan berakhir. Psywar antara pelatih maupun pemain kedua klub di sesi wawancara sebelum pertandingan juga memberi daya tarik tersendiri. Hal ini bertujuan untuk menjatuhkan mental lawan bahkan sebelum menginjakkan kaki di lapangan. Salah satu psywar legendaris dalam derby ini misalnya, ucapan mantan pelatih Manchester United Sir Alex Ferguson dalam sebuah sesi wawancara yang berhasrat untuk menghancurkan hegemoni klub Liverpool di awal kedatangannya. Rivalitas antara Manchester United dan Liverpool banyak miliki cerita.

Baca Juga  Manfaat Dari Menulis Jurnal Harian

Baca Juga: Hindari Stres Dengan Olahraga Malam Hari

Berikut 5 kejadian ikonik yang diolah dari berbagai sumber.

  1. Selebrasi Gary Neville

5 Momen Ikonik North-West Derby
Kitapastibisa.id – Selebrasi Gary Neville – Bolasport

Selebrasi Gary Neville ini sejatinya tidak ada gestur melecehkan atau merendahkan klub Liverpool sebagai pesaing berat Manchester United. Namun selebrasi ini dilakukan di hadapan pendukung lawan dan dianggap memprovokasi. Badan sepak bola FA bahkan memberikan sanksi berupa denda kepada kapten Manchester United kala itu.

  1. Suarez menolak jabat tangan Evra

Suarez menolak jabat tangan Evra
Kitapastibisa.id – Suarez menolak jabat tangan Evra – Kompas

Kejadian ini berawal dari ucapaan rasialis Luiz Suarez, penyerang Liverpool kala itu terhadap Patrice Evra dari Manchester United. Luis Suarez sempat menjalani sanksi larangan bermain di 12 laga Liverpool berikutnya. Keduanya kembali bertemu pada pertandingan liga Inggris di stadium Old Trafford, kandang Manchester United. Suarez menolak berjabat tangan dengan Evra karrna dirinya merasa tidak bertindak rasis terhadap Evra.

  1. Pelanggaran Gerrard

Pelanggaran Gerrard
Kitapastibisa.id – Pelanggaran Gerrard – Skysport

Pelanggaran Steven Gerrard ini selalu dikenang dalam North-West Derby karena Gerrard sebagai pemain pengganti hanya tampil kurang dari satu menit setelah terkena kartu merah akibat pelanggaran keras dan berbahaya dengan menginjak kaki Ander Herrera.

  1. Selebrasi ciuman Gerrard

Selebrasi ciuman Gerrard
Kitapastibisa.id – Selebrasi ciuman Gerrard – Bolasport

Steven Gerrard telah mencetak banyak gol ke gawang lawan namun mencetak gol ke gawang rival semisal Manchester United memiliki kesan tersendiri. Selebrasi Gerrard ini menjadi ikonik dalam North-West Derby dan tercatat dua kali lakukan selebrasi ini di tahun 2009 dan 2014. Tidak ada alasan spesifik mengapa Gerrard melakukan selebrasi ini dan hanya untuk sedikit mengejek penonton setia Manchester United yang menyaksikan laga itu.

  1. Banner pendukung Setan Merah

5 Momen Ikonik North-West Derby
Kitapastibisa.id – Banner pendukung Setan Merah – Setanmerah

Tidak hanya drama di lapangan, North-West Derby juga menghadirkan cerita dari tribun penonton. Salah satunya, banner pendukung kedua klub yang berisi kebanggaan akan prestasi klub, pernyataan pemain atau pelatih yang bertujuan untuk memberi semangat atau bahkan membuyarkan konsentrasi pemain lawan jelang laga dimulai. Banner di atas menjadi kejadian ikonik pada masanya lantaran sebagai bentuk penyataan balik pendukung Setan Merah yang berhasil membuktikan klubnya mampu menyamai prestasi 18 gelar juara liga Inggris milik Liverpool.

Baca Juga  4 Kunci Penting Untuk Menjaga Kesehatan Kulit

Rivalitas antar kedua klub lewat kejadian-kejadian di lapangan, tribun penonton, bangku cadangan, hingga wawancara paska pertandingan akan senantiasa tercatat dalam sejarah pertemuan antara Manchester United dan Liverpool. Semoga kompetisi sepak bola dapat kembali bergulir agar kita sebagai penikmat sepak bola dapat menyaksikan rivalitas kedua klub ini dalam tajuk North-West Derby.

Artikel Terkait

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *