5 Manfaat Yoga untuk Kesehatanmu

 5 Manfaat Yoga untuk Kesehatanmu

kitapastibisa.id – 5 Manfaat Melakukan Yoga untuk Kesehatanmu – cintaihidup

5 Manfaat Yoga untuk Kesehatanmu – Yoga menjadi salah satu kegiatan yang mulai banyak dilakukan dalam kehidupan sehari-hari pada masa kini, terutama di kota besar dengan tingkat stress yang tinggi. Yoga juga merupakan aktivitas latihan utamanya asana (postur) bagian dari Hatta Yoga. Yoga juga digunakan sebagai salah satu pengobatan alternatif, biasanya hal ini dilakukan dengan latihan pernapasan, olah tubuh dan meditasi, yang telah dikenal dan dipraktikkan selama lebih dari 5000 tahun.

Yoga adalah olahraga yang berasal dari India. Di negara asalnya, India, Yoga diartikan sebagai suatu cara untuk membebaskan diri dari kesedihan. Oleh karenanya, Yoga dijadikan sebagai olahraga yang menenangkan jiwa dan pilihan bagi orang-orang dengan aktifitas yang padat dan tingkat stress yang tinggi.

Baca Juga: Amalan yang Pahalanya Setara Ibadah Haji

Beberapa manfaat Yoga bagi tubuh dan pikiran

1. Yoga merupakan aktivitas olah tubuh dan pikiran yang fokus pada kekuatan, fleksibilitas dan pernapasan untuk meningkatkan kualitas mental dan fisik. Postur atau rangkaian gerakan dan pernapasan adalah dua komponen utama yoga. Sehingga, yoga dapat menstimulasi pusat saraf dan membersihkan pikiran dari hal-hal negatif. Oleh karenanya, olahraga satu ini dapat mencegah stres dan depresi.

Baca Juga  Manfaat Lendir Siput Untuk Kulit

2. Mengajarkan gerakan sederhana dan perlahan yang akan melatih kesabaran kita. Hal tersebut karena, setiap gerakan Yoga yang dilakukan menggunakan hitungan napas. Artinya kamu harus menahan gerakan hingga hitungan napas selesai. Biasanya hitungan napas yang digunakan menggunakan hitungan 3 hingga 7 kali.

3. Yoga dapat melatih kita untuk dapat menahan emosi. Hal tersebut karena latihan napas dalam gerakan Yoga dapat membantu kita untuk mengontrol emosi. Hal ini akan membantu pikiran dan tubuh kita menjadi lebih tenang dan santai dalam menghadapi masalah yang terjadi. Hal tersebut karena setiap gerakan Yoga dilakukan secara perlahan atau step by step.

4. Gerakan dalam Yoga dapat digunakan untuk membentuk otot tubuh dengan baik. Artinya dengan terbentuknya otot tubuh yang baik maka keseimbangan tubuh akan semakin kuat dan tubuh selalu dalam keadaan bugar dan sehat. Serta, gerakan dalam yoga juga dapat mencegah Osteoporosis atau memperkuat tulang sehingga tulang tidak mudah keropos.

5. Dengan melakukan gerakan Yoga maka sirkulasi oksigen ke seluruh tubuh akan semakin baik sehingga kebutuhan kulit wajah akan nutrisi terpenuhi. Akibatnya kulit wajah akan semakin kencang dan cantik.

Baca Juga  Mengenal Dismenore, Sindrom Nyeri Saat Datang Bulan

Artikel Terkait