5 Hal Kebiasaan Sepele Yang Mempengaruhi Kesehatan

 5 Hal Kebiasaan Sepele Yang Mempengaruhi Kesehatan

Kitapastibisa.id – 5 Hal Kebiasaan Sepele Yang Mempengaruhi Kesehatan

5 Hal Kebiasaan Sepele Yang Mempengaruhi Kesehatan – Segala sesuatu yang dikerjakan terus-menerus sehingga menjadi kebiasaan biasanya susah untuk dihentikan. Jika kebiasaan itu baik mungkin tidak akan menjadi masalah, namun apabila kebiasaan itu buruk sudah jelas akan berdampak buruk pula dikemudian hari. Terkadang ada kebiasaan sepele yang menjadi rutinitas sehari-hari tanpa kita sadari berdampak pada kesehatan.

Parahnya, kebiasaan tersebut tak hanya menggangu kesehatan tubuh saja, namun juga kesehatan mental Anda. Apa saja sih kebiasaan itu?

Simak ulasan berikut, 5 Hal Kebiasaan Sepele Yang Mempengaruhi Kesehatan:

Baca Juga  Menyikapi Pujian Agar Tidak Terlena

1. Makan saat tidak lapar

Biasanya dilakukan saat menghindari stres, makan tanpa terkontrol atau hanya sekedar makan camilan saja. Namun hal tersebut akan menambah kalori pada tubuh Anda, kemudian berat badan akan naik tidak menutup kemungkinan Anda akan mengalami obesitas. Obesitas akan menimbulkan berbagai risiko penyakit seperti diabetes, stroke atau bahkan penyakit lainnya.

2. Duduk terlalu lama

Duduk berjam-jam menjadi kebiasaan bagi pekerja kantoran yang tak bisa dihindari. Duduk dalam jangka panjang menyebabkan risiko penyakit jantung dan diabetes juga menimbulkan nyeri punggung bawah. Pasalnya pada saat duduk, tidak ada aktivitas gerak yang dapat membakar kalori dalam jumlah banyak. Ada baiknya lakukanlah gerakan setiap setengah jam sekali, dengan begitu tubuh dan pikiran Anda tetap baik.

3. Menahan marah

Beberapa orang memilih untuk diam dibanding melampiaskan kemarahannya, ternyata kebiasaan tersebut kurang baik bagi kesehatan tubuh maupun secara psikologis. Jika dipendam akan menimbulkan stres jadi, ada baiknya dilampiaskan saja. Namun jika mereka yang mengalami ledakan kemarahan secara tiba-tiba akan lebih rentan terhadap risiko penyakit jantung.

4. Menyilangkan kaki

Tampaknya memang tidak berbahaya, namun kebiasaan menyilangkan kaki dapat merusak sirkulasi dan menyebabkan pembekuan darah. Sehingga akan terjadi ketegangan pada pinggul dan juga akan terjadi masalah pada postur.

5. Tidak mencuci sprei dan sarung bantal

Kebiasaan ini sangat buruuk sekali, karena pada sprei dan sarung bantal terdapat berbagai kuman dan bakteri yang menempel dari keringat, sel kulit mati atau kotoran yang menempel pada tubuh Anda. Wajib untuk menggantinya seminggu atau paling lama dua minggu sekali, untuk menghindari alergi atau penyakit kulit seperti gatal.

Tak disangka kebiasaan yang tampak sepele ini ternyata banyak berpengaruh pada kesehatan. Mulai saat ini mulailah peduli akan hal-hal kecil seperti di atas agar tubuh dan pikiran tetap terjaga kesehatannya.

Artikel Terkait

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *