3 Cara Jitu Agar Tidak Telat Sahur

 3 Cara Jitu Agar Tidak Telat Sahur

kitapastibisa.id – 3 Cara Jitu Agar Tidak Telat Sahur – Detik

3 Cara Jitu Agar Tidak Telat Sahur – Dalam menjalankan ibadah puasa Ramadan, bangun sahur pada waktu dini hari memang menjadi tantangan tersendiri. Terkadang bangun sahur bisa dengan mudah dilakukan hanya mengandalkan alarm ponsel saja.

Namun bagi sebagian orang mungkin ini menjadi masalah tersendiri. Apalagi jika dalam kondisi tubuh yang sangat lelah dan membutuhkan banyak istirahat. Tidak heran jika telat bangun sahur kerap terjadi.

Bukan hanya kondisi tubuh yang lelah dan membutuhkan banyak waktu beristirahat. Kebiasaan begadang hingga larut malam juga bisa mengakibatkan telat bangun sahur.

Di mana semakin tidur larut malam, maka bangun juga akan semakin siang. Akibatnya, kesempatan untuk sahur sebagai bekal puasa menjadi terlewatkan.

Sebenarnya bukan menjadi masalah besar, ketika ada anggota keluarga lain yang bisa membangunkan. Namun bagi para perantau yang tinggal seorang diri, tentu tidak ada yang bisa diandalkan kecuali diri sendiri. Lalu bagaimana cara bangun sahur dengan mudah agar tidak kesiangan.

Baca Juga: Belanja saat Pandemi Covid-19

  1. Tidur Lebih Awal

Cara bangun sahur dengan mudah yang pertama adalah tidur lebih awal. Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, bahwa tidur larut malam akan mengakibatkan bangun lebih siang. Sebab tubuh membutuhkan waktu beberapa jam untuk tidur dan beristirahat.

Baca Juga  Bagaimana Puasa Kita Apabila Lupa Mengucapkan Niat

Dengan begitu lebih baik hindari kebiasaan begadang dan cobalah untuk tidur lebih awal. Cara ini bisa memberikan kesempatan agar tubuh mendapatkan waktu istirahat yang cukup.

Anda bisa mulai membiasakan tidur pukul 22.00 WIB agar bisa bangun kurang lebih 5 jam setelahnya, yaitu pukul 03.00 WIB. Lakukan kebiasaan ini selama beberapa hari, maka Anda akan mendapatkan kondisi tubuh yang lebih bugar saat bangun sahur.

  1. Hindari Minuman Kafein Sebelum Tidur

Cara bangun sahur dengan mudah yang satu ini juga tidak boleh diabaikan, yaitu hindari minuman kafein sebelum tidur. Cobalah untuk menghindari konsumsi minuman teh atau kopi beberapa waktu sebelum tidur. Jika hal ini diabaikan, maka bisa berpengaruh pada kualitas tidur yang didapatkan setelahnya.

Bisa jadi Anda akan sulit tidur, atau bisa juga tidur namun dalam keadaan gelisah. Akibatnya, bangun lebih siang tidak bisa terhindarkan. Sehingga kesempatan untuk sahur pun menjadi terlewatkan. Dengan begitu, cobalah untuk tidak mengonsumsi minuman berkafein sebelum tidur dalam beberapa hari, dan temukan perbedaanya.

  1. Hindari Makan Terlalu Banyak Saat Buka Puasa

Cara bangun sahur dengan mudah selanjutnya bisa dilakukan dengan menghindari makan terlalu banyak saat berbuka puasa. Cobalah untuk mengonsumsi makanan rendah karbohidrat yang seimbang saat berbuka puasa.

Baca Juga  Kenali Perbedaan Batuk Covid-19 dan yang Bukan

Anda juga bisa melewatkan makanan penutup saat berbuka dan menggantinya dengan konsumsi air putih. Cara ini bisa menghindarkan Anda dari kondisi perut yang terlalu kenyang.

Sebab, dalam kondisi perut yang terlalu penuh saat berbuka puasa, maka tubuh akan membutuhkan lebih banyak waktu untuk mencernanya. Dikhawatirkan, ketika malam sudah larut dan memasuki waktu tidur, perut masih terasa kembung atau penuh.

Akibatnya, tidur pun menjadi tidak nyaman. Bukan hanya itu, efek tidak nyaman akibat perut terlalu kenyang juga bisa dirasakan setelah bangun tidur.

Artikel Terkait

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *